Jelang Perayaan Hari Raya Idul Adha, Banyak Warga Bersih-bersih Rumah

Jelang Perayaan Hari Raya Idul Adha, Banyak Warga Bersih-bersih Rumah

Warga di Kabupaten Empat Lawang lakukan bersih-bersih rumah menjelang lebaran Idul Adha. Foto: Andika/Rakyat Empat Lawang.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Jelang perayaan hari raya Idul Adha, masyarakat kabupaten Empat Lawang mulai menyibukan diri dengan bersih-bersih rumah.  

Bersih-bersih dan mengecat rumah merupakan tradisi menjelang Lebaran yang telah berlangsung turun temurun di Indonesia, khususnya kabupaten Empat Lawang.

"Ini merupakan kebiasaan tahunan, rumah bersih akan menyenangkan dan terasa nyaman menghadapi hari raya," kata Anita (29), seorang warga di kecamatan Tebing tinggi kabupaten Empat Lawang, Rabu, 28 Juni 2023.

BACA JUGA:Idul Adha Tinggal Hitungan Jam, Pedagang Daging Sapi Raup Keuntungan

Dia mengatakan, setiap tahun anggota keluarga gotong-royong membersihkan rumah.

Harapannya, saat Lebaran para tamu yang datang baik dari keluarga maupun tetangga, melihat rumah yang asri dan rapi, dan hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri. "Saya mengecat khususnya bagian depan, walaupun rumah sederhana yang penting bersih," ujar Anita.

Tak berbeda, Sastra (29), warga kampung Tanjung Beringin kelurahan Pasar kecamatan Tebing Tinggi menyebutkan hal yang sama. Biasanya, dia memperbaiki rumah setahun sekali menjelang lebaran.

BACA JUGA:Warga Muhammadiyah Sholat Idul Adha 1444 H, Berikut Titik Lokasi Sholatnya

Ia melakukannya 1 atau 2 hari sebelum hari H, karena saat itu hampir semua warga juga menggelar kegiatan bersih-bersih rumah. "Saya menghabiskan waktu dua hari untuk kegiatan kebersihan ini," jelasnya.

Sastra menyebutkan, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Dana itu untuk membeli cat dan alat pendukungnya serta membeli semen untuk memperbaiki lantai yang rusak.

Lain lagi dengan Sumiati (24), warga desa Tanjung Kupang baru kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang.

BACA JUGA:H-1 Idul Adha, Arus Lalulintas di Kabupaten Empat Lawang Terpantau Ramai Lancar

Dia mengatakan, kebersihan lingkungan juga sangat penting. Karena itu, sejumlah tetangga kompak bergotong-royong membersihkan rumah, parit, dan halaman yang terlihat jorok.

"Kami dalam beberapa hari menggelar kegiatan bersama, ini juga bentuk kepedulian pada lingkungan tempat tinggal," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: