Niat Berkurban? Berikut Batas Waktu Potong Kuku Sebelum Idul Adha

Niat Berkurban? Berikut Batas Waktu Potong Kuku Sebelum Idul Adha

Ilustrasi potong kuku.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Bagi imat Muslim yang berniat untuk berkurban di tahun ini, berikut batas waktu potong kuku di Idul Adha 2023 yang perlu diketahui.

Hal ini disebabkan karena terdapat hadits yang melarang mengenai memotong kuku serta bercukur sebelum hewan kurban disembelih.

larangan memotong kuku dan bercukur bagi yang ingin berkurban didasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ummi Salamah RA. Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA:Makan Hati Banyak Hikmahnya? Berkah Menanti saat Idul Adha Simak Penjelasannya!!

"Jika telah memasuki 10 hari pertama bulan Dzulhijjah dan salah satu dari kalian berniat untuk berkurban, maka janganlah ia menyentuh (memotong) rambut dan kulit yang tumbuh rambut sedikit pun," (HR Muslim)

Dalam riwayat lain juga disebutkan, "Jika kalian melihat bulan sabit Dzulhijjah dan salah satu dari kalian ingin berkurban, maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya," (HR Muslim)

Batas waktu potong kuku Idul Adha 2023 berdasarkan kedua hadits diatas, larangan bagi seseorang yang akan melaksanakan kurban untuk mencukur rambut dan memotong kuku.

BACA JUGA:Salahsatu Dari 4 Suku Asli Sumatera Selatan Berdarah China, Yuk Simak Ini Penjelasanya

Larangan ini berlaku mulai dari awal bulan atau 1 Dzulhijjah hingga tanggal 10 Dzulhijjah.

Hari Ahad tanggal 30 Dzulqo'dah atau 18 Juni 2023 hari terakhir untuk bercukur dan memotong kuku bagi yang berniat berkurban. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: