OPINI: Momentum Lahirnya Komisioner Bawaslu yang Berintegritas

OPINI: Momentum Lahirnya Komisioner Bawaslu yang Berintegritas

Muhamad Arif Setiawan (Dosen FISIP UIN Raden Fatah Palembang, Wakil Ketua Netfid Sumsel)-FOTO: ANITA-REL

Tahapan rekruitmen Komisioner Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) di Provinsi Sumatera Selatan telah berjalan pada titik seleksi administrasi.

Dari 17 Kab/Kota yang ada di Sumatera Selatan yang terbagi dalam 3 zona hari ini panitia seleksi telah mengeluarkan nama-nama yang lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Sebagai lembaga pengawas dalam pelaksanaan pemilu, tentu Bawaslu akan memiliki peran dan fungsi yang besar dalam menyongsong perhelatan pemilu serentak 2024 nanti.

BACA JUGA:Seleksi Bawaslu Empat Lawang Ketat, Ada Incumbent Bawaslu, Mantan Ketua, Anggota KPU dan Bawaslu

Namun sebelum periode rekruitmen calon komisioner Bawaslu yang baru ini, kita dihebohkan dengan beberapa kasus yang menerpa di tubuh Bawaslu yang ada di beberapa Kab/Kota di Sumatera Selatan periode 2018-2023.

Berdasarkan informasi yang dihimpun melalui beberapa media ada beberapa Bawaslu Kab/Kota di Sumsel komisionernya telah ditetapkan sebagai tersangka.

Hal ini sungguh sangat disayangkan jika kita melihat peran dan fungsi Bawaslu pada pengawasan pemilu yang sangat penting.

BACA JUGA:Ramai Dibahas Jelang Pemilu, Ini Dia Sejarah Singkat Bawaslu

Harusnya sebagai lembaga negara dalam bidang pengawasan pemilu, Bawaslu dapat bekerja dengan baik dan menjaga integritasnya.

Namun itu semua seolah telah ternodai akibat kasus korupsi yang menerpa.

Dengan adanya beberapa kasus yang telah menerpa pada tubuh Bawaslu dikhawatirkan kepercayaan masyarakat akan berkurang terhadap lembaga pengawas pemilu tersebut.

BACA JUGA:Apa Saja Tugas dan Wewenang Bawaslu? Yuk Cek Disini

Pada pelaksanaan pemilu nanti, tentu rakyat akan menitipkan dan berharap banyak kepada kinerja Bawaslu untuk mengawasi pemilu agar berjalan sesuai dengan asas demokrasi, yaitu terlaksananya pemilu secara Langsung, Umum, Bebas, Rahasia serta Jujur dan Adil (LUBER JURDIL).

Dari beberapa kasus kejadian yang ada, tentu ini juga harus menjadi catatan penting bagi tim seleksi anggota Bawaslu untuk benar-benar menentukan calon komisioner berikutnya yang memiliki integritas tinggi dan dapat memegang amanah jabatannya.

Maka pada momentum rekruitmen ini, diharapkan juga pada para calon komisioner mempunyai semangat untuk mengawasi pemilu agara terlaksana sesuai dengan asas demokrasi dan merubah image bahwa Bawaslu kedepannya nanti siap bekerja dengan baik dan menjaga integritasnya sebagai lembaga pengawas pemilu.

BACA JUGA:Nama-nama yang Lolos Penelitian Berkas Administrasi Calon Anggota Bawaslu se Sumsel, Cek Nama Mu!!

Pemilu dalam negara demokrasi ialah sebuah pergantian estafet kepemimpinan, dalam pergantian estafet kepemimpinan itu rakyat menitipkan harapan-harapan baru kepada calon pemimpinnya atau wakil rakyatnya untuk dapat membawa perubahan dan menghasilkan suatu kebijakan politik yang baik.

Maka harapannya, komisioner Bawaslu yang terpilih nantinya dapat menjaga integritasnya, menjaga amanah jabatannya serta dapat bertugas sesuai dengan fungsi dan kewenangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: