Melejit! Harga Jual Kopi Melonjak Naik

Melejit! Harga Jual Kopi Melonjak Naik

Pengepul Kopi Dikabupaten Empat Lawang. Foto: Dok Rakyat Empat Lawang.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Petani kopi di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel) mulai merasakan kebahagiaan.

Di tengah himpitan ekonomi, harga kopi terus naik hingga mencapai Rp38.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 28.000 per kilogram. 

Petani merasa sangat senang dengan kenaikan harga kopi karena segera memasuki musim panen raya. Karena itu, banyak juga petani yang masih menyimpan kopi agar diharapkan hingga jual harga mencapai Rp 40. 000 perkilo. 

BACA JUGA:Suku-suku Unik Menarik dan Terkenal, Mulai Dari Keturunan Dewa Sampai Manusia Pohon Ada Disini

Meningkatnya harga kopi ini sangat disambut baik oleh petani di Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang yang menggantungkan hidup dengan menanam kopi.

Harga kopi terus mengalami kenaikan sejak beberapa bulan terakhir. Awalnya seharga Rp 28.000 naik menjadi Rp 32.000 per kilogram, lalu naik lagi menjadi Rp 38.000. "Sebagian sudah panen, dan segera panen raya, diharapkan harga akan terus naik," kata Suyanto, petani kopi, kemarin (11/6).

Menurut para petani, kenaikan harga ini sebanding dengan biaya dalam perawatan dan harga kebutuhan pokok yang cenderung naik, jika harga Rp 38. 000 petani akan untung," kata Ramlan, petani kopi lainnya. 

BACA JUGA:BSI Berikan Pinjaman Hingga Rp 500 Juta Tanpa Bunga, Ini Syaratnya!

Suardi juga menambahkan buah kopi tahun ini memang tidak sebanyak atau selebat tahun kemarin, namun dengan harga tinggi petani tetap memperoleh berkah panen.

"Saya ingat tahun 2022 perkilonya biji kopi yang paling bagus Rp 19.000, Alhamdulillah tahun ini meningkat tajam sesuai dengan harapan para petani,” Tambah Suardi.

Sementara itu Gunawan, salah satu toke (pengepul) biji kopi di kelurahan Pendopo, kecamatan Pendopo mengatakan memang harga kopi tahun ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

BACA JUGA:Bawa Anak Majikan Berkebutuhan Khusus Ke Tanah Air, TKW Ini Punya Alasan Mengharukan!

“Iya kenaikan harga sangatlah fantastis, beberapa hari ini harga kopi naik hingga Rp 38.000 per kilo, namun hasil panen petani kopi tidak sebanyak tahun atau musim kemarin”, Ungkap Gunawan.

Toke atau pengepul yang biasa mengirim biji kopi ke Surabaya dan Lampung ini menyampaikan setiap tahunnya bisa mengirimkan biji kopi hingga 300 ton sedangkan untuk untuk tahun ini prediksinya cenderung akan turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: