Ratusan Orang Sudah Terdata Gunakan KTP Digital

Ratusan Orang Sudah Terdata Gunakan KTP Digital

Suasana kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang. Foto: Rati/Rakyat Empat Lawang.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Terkait penerapan KTP digital sudah ada 248 masyarakat Kabupaten Empat Lawang beralih ke KTP digital, namun hal tersebut masih jauh dari target pemerintah itu sendiri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang, Drs. Peterson Okki bial, melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Harri truman mengatakan, Sejauh ini sosialisasi masih terus dilakukan ke sejumlah OPD di ruang lingkup kabupaten empat lawang dan belum mencakup wilayah-wilayah kecamatan dan desa, terdata yang sudah beralih ke ktp digital sebanyak 248 jiwa.

“Untuk syaratnya pun cukup mudah bisa dilakukan sendiri, pertama harus memiliki hp android, tidak untuk iphone, kemudian download aplikasi IKD, ikuti syarat-syarat yang ada di dalam aplikasi, kemudian jika sudah langsung ke kantor disdukcapil untuk melakukan scan QR (barcode),” jelasnya, Rabu, 7 Juni 2023.

BACA JUGA:Kunjungi Makan Rasulullah Jadi Momen Istimewa Bagi Jemaah Asal Empat Lawang

BACA JUGA:Waspada Kedok Pencuri Di Tanah Arab, Menggunakan Anak-anak Yang Mengemis Hingga Berjualan

Harri menambahkan bagi masyarakat bisa mengurus sendiri, akan tetapi tetap masih harus ke kantor disdukcapil demi melakukan scan barcode tadi, pemerintah dalam hal ini menargetkan 50% kabupaten empat lawang ini beralih ke ktp digital, namun sampai saat ini masih sangat jauh dari target.

Kendala selama ini kebanyakan dari orang tua atau lansia, mereka pertama tidak memiliki hp android, bahkan tidak punya hp sama sekali, masih kurangnya minat masyarakat beralih ke ktp digital” tutupnya. (Mus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: