Kisah Unik Asal Mula Lagu dan Tarian Ketubean Khas Empat Lawang

Kisah Unik Asal Mula Lagu dan Tarian Ketubean Khas Empat Lawang

Joncik Muhammad saat berikan sambutan pembukaan festival seni Saling Keruani Sangi Kerawati dan Empat Lawang Expo, ia juga menceritakan asal usul ketubean. Foto: Andika/REL.--

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Saat buka festival seni Saling Keruani Sangi Kerawati dan Empat Lawang Expo, bupati Empat Lawang, Dr H Joncik Muhammad ceritakan terkait fenomena sungai Musi ketubean.

Bupati kabupaten Empat Lawang, Dr H Joncik Muhammad menceritakan fenomena sungai Musi ketubean itu adalah fenomena ikan mabuk disebabkan oleh aktifitas lumpur yang terjadi.

"Sehingga ikan-ikan dasar dan permukaan menjadi mabuk atau bisa disebut kekurangan oksigen, dan mudah sekali untuk ditangkap," jelas Joncik, Senin (8/5).

BACA JUGA:Festival Serapungan Musi Semarakan HUT Empat Lawang, Kadis Pariwisata: Persiapan Sudah 90%

BACA JUGA:BKPSDM Curi Perhatian

Lanjut Joncik, pada saat itulah warga kabupaten Empat Lawang beramai ramai turun ke sungai Musi untuk menangkap Ikan yang sedang mabuk tersebut.

"Maka dari itu adanya terciptanya lirik lagu ketubean serta adanya tarian ketubean memang itulah bagian dari adat istiadat budaya yang di lakukan kabupaten Empat Lawang, maka sangat tepat di tampilkan di festival seni Saling Keruani Sangi Kerawati kabupaten Empat Lawang," ungkapnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: