Jalan Tol Ini Gratis Dilalui Selama Musim Mudik 2023, Berikut Daftarnya

Jalan Tol Ini Gratis Dilalui Selama Musim Mudik 2023, Berikut Daftarnya

Ilustrasi--

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pemerintah telah menambah 217,2 km ruas tol baru yang akan beroperasi secara fungsional saat musim mudik Lebaran 1444 Hijriah nanti.

Jalan tol fungsional merupakan Jalan tol yang dibuka sementara untuk keperluan arus lalu lintas. 

BACA JUGA:Pengendara Wajib Tahu, Gerbang Tol Prabumulih - Indralaya Ada di Sini

Biasanya dilakukan pada momen tertentu, seperti libur Natal dan Lebaran, maka kendaraan yang melewati ruas tol tersebut tidak akan dikenai tarif . 

Diantara penambahan tersebut, terdapat Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing sepanjang 7,2 kilometer (km).

BACA JUGA:Tol Indralaya-Prabumuliih Dibuka 15 April, Siap Dilalui Pemudik

Direktur Utama PT CTP Tollways, Ari Sunaryono dalam keterangan tertulis menyampaikan, dalam masa operasi fungsional seksi 4 sepanjang 7,2 km masih belum dikenakan tarif. 

Sehingga, kata dia, arus kendaraan dari Timur menuju Pelabuhan Tanjung Priok atau menuju Cikunir melalui JORR oleh PT CTP Tollways akan dikenakan tarif hanya sampai dengan Tarumajaya.

BACA JUGA:Mega Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Biaya hingga Progres Pengerjaannya

Ia juga menambahkan, dengan telah selesainya konstruksi seluruh Seksi 1 sampai dengan Seksi 4, JTCC memberikan alternatif kepada arus kendaraan terutama kendaraan besar di jalan tol Japek dari KM 25 di IC Cibitung langsung menuju ke Cilincing/Pelabuhan Tanjung Priok dengan lancar untuk menghindari kemacetan parah di IC Cikunir yang sering terjadi.

Tidak hanya itu saja, salah satu tol yang akan beroperasi secara fungsional dan gratis adalah Tol Japek (Jakarta-Cikampek) II Selatan.

BACA JUGA:Herman Deru Minta Pembangunan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Makin Dikebut

"Fungsional Japek II Selatan, termasuk yang kita laporkan ke Pak Menhub (Menteri Perhubungan) dan Korlantas (Korps Lalu Lintas) untuk difungsionalkan," ungkap Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

Berikut daftar lengkap ruas tol yang beroperasi fungsional dan gratis saat Lebaran:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: