SDN 9 Muara Pinang Lakukan Ini di Bulan Ramadhan

SDN 9 Muara Pinang Lakukan Ini di Bulan Ramadhan

PESANTREN: SDN 9 Muara Pinang sedang melaksanakan pesantren kilat, Jumat (31/3).-FOTO: ANITA-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Salah satu moment yang rutin digelar pada saat bulan Ramadhan ialah pesantren kilat. 

Setiap sekolah selalu melaksanakan pesantren kilat setiap tahunnya di bulan Ramadhan.

Seperti yang dilakukan oleh SDN 9 Muara Pinang yang hari ini, Jumat (31/3) melaksanakan pesantren kilat.

Elpis Edi selaku Kepala SDN 9 Muara Pinang mengatakan kegiatan pesantren kilat dilakukan di sekolah selama 2 hari dari jam 8.00 WIB sampai dengan jam 11.00 WIB.

"Kegiatan pesantren kilat diikuti oleh seluruh warga sekolah yakni guru, siswa, dan staf sekolah," kata Edi, Jumat (31/3).

Edi menambahkan kegiatan yang dilakukan antara lain tadarus Al-Qur'an, hafalan ayat-ayat pendek, dan menyimak ceramah tentang hikmah Ramadhan yang disampaikan oleh guru Agama di sekolah.

"Dengan adanya Ramadhan, siswa bisa mengetahui tujuan berpuasa itu bukan untuk menahan lapar saja melainkan menahan hawa nafsu yang bisa membatalkan puasa," jelasnya.

Dalam ceramahnya, Edi menyampaikan kepada siswa hal-hal lain yang membatalkan puasa seperti membicarakan orang lain atau gibah, menjahili teman, berbohong, dan sifat tercela lainnya.

"Setelah siswa mengetahui sifat tercelah yang bisa membatalkan puasa, harapannya siswa hari lebih semangat lagi untuk menjaga puasanya agar tidak batal," harap Edi. (Ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: