Ternyata Jurusan Statistika Sangat Penting, Ini Keunggulannya

Ternyata Jurusan Statistika Sangat Penting, Ini Keunggulannya

STATISTIKA: Mahasiswa Program Studi S1 Statistika, Universitas Bengkulu.-FOTO: ANITA/REL-

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Program studi Statistika merupakan salah satu program studi yang kurang populer dibandingkan program studi lainnya. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang merasa sulit, rumit, dan harus memiliki dasar Matematika yang kuat untuk menikmati setiap perjalanan perkuliahan. Sehingga dalam situasi saat ini, dunia profesional dan industri masih kekurangan lulusan statistika.

Hal ini tentunya menjadi peluang bagi lulusan statistika untuk dapat diterima dengan lebih mudah dan cepat oleh kalangan profesional dan industri.

BACA JUGA:5 Daftar Sekolah Ikatan Dinas, Nomor 5 Paling Dicari

Pada era ini, semua institusi dan perusahaan sangat bergantung pada data. 

Statistika sangat erat sekali kaitannya ketika membahas data dan pengolahan data hal ini menunjukkan lulusan jurusan statistika dapat ditempatkan dimanapun.

Di era digital saat ini, kebutuhan akan data sangat pesat seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna. 

Salah seorang alumni dari Program Studi S1 Statistika, Universitas Bengkulu, Kemas Willdan Agawon menjelaskan tanpa disadari manusia membuat banyak jenis data.

BACA JUGA:5 Keunggulan Kuliah di Jurusan Bahasa Inggris, Nomor 5 Waw Banget

"Berbagai aplikasi digunakan untuk memudahkan pekerjaan. Aplikasi keuangan, pesanan makanan, pesanan minuman, aplikasi rapat online, aplikasi mengemudi, semuanya memerlukan internet dan akses ke data pribadi," jelas Wildan.

Kegiatan tersebut akan disimpan dalam bentuk data, yang akan terus berkembang menjadi big data. 

Statistika memainkan peran penting di sini, bagaimana mengumpulkan, memahami, mengelola, dan memvisualisasikan data dalam bentuk informasi yang mudah dipahami.

"Belum lagi kebutuhan akan survei yang berperan penting dalam menopang kemajuan daerah dan negara yang melibatkan ilmu statistika," ucap Wildan.

BACA JUGA:Buat Kamu yang Ingin Kuliah Jurusan Pendidikan IPA, Ini 5 Keunggulannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: