5 Cara Aman Berpuasa Selama Ramadhan

5 Cara Aman Berpuasa Selama Ramadhan

ILUSTRASI--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Selama Bulan Ramadan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh walaupun berpuasa namun masih banyak rutinitas yang harus dikerjakan.

Diketahui bahwa tidak jarang puasa dapat mempengaruhi kesehatan tubuh jika tidak dilakukan dengan benar dan tepat.

Berikut ini adalah cara aman berpuasa yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh selama Ramadan.

BACA JUGA:Gubernur Lampung Larang Buka Puasa Bersama

1. Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa. Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, usahakan untuk minum minimal 8 gelas air putih setiap hari selama bulan Ramadan.

2. Pilih makanan yang sehat dan seimbang. makanan yang diolah dengan cara yang sehat seperti dipanggang, direbus, atau dikukus sebaiknya menjadi pilihan. Hindari makanan yang digoreng atau tinggi lemak, asin, dan manis karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

3. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Kafein dapat mempercepat proses dehidrasi dalam tubuh dan dapat membuat Anda merasa haus sepanjang hari.

4. Jangan terlalu banyak makan saat berbuka puasa. Makan dalam porsi kecil dan sering dapat membantu tubuh mengatasi perubahan pola makan selama Ramadan.

BACA JUGA:Beberapa Deretan Minuman untuk Mengindari Dehidrasi saat Berpuasa

5. Lakukan aktivitas fisik yang ringan selama bulan Ramadan seperti berjalan-jalan atau senam ringan untuk menjaga tubuh tetap aktif dan sehat.

Dengan melakukan tips berpuasa yang sehat ini, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan dan tetap bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. (Mus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: