Ini Tips Biar Tetap Semangat Sekolah di Bulan Ramadhan

Ini Tips Biar Tetap Semangat Sekolah di Bulan Ramadhan

SISWA: Tampak siswa sedang bersekolah.-FOTO: ANITA-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Puasa merupakan hal yang wajib dilakukan bagi umat muslim terutama yang sudah besar atau baligh.

Orang yang sudah baligh dianjurkan puasa bukan berarti tidak boleh melakukan apa-apa. Apalagi bagi seorang pelajar dan kebetulan jadwal sekolah bertepatan dengan puasa, mau tidak mau sekolah sambil puasa harus dijalani.

Sebagai pelajar terkadang meresa sekolah saat puasa sangat berat. Terkadang mengeluh saat belajar merasa lapar dan sulit fokus untuk belajar di sekolah. 

Hal ini yang dirasakan oleh salah satu siswi di SMAN 1 Tebing Tinggi, Indri Dwi Agustin. Apalagi nantinya Indri sekolah tepat saat puasa tapi sedang menjalani Ujian Satuan Pendidikan (USP).

BACA JUGA:Yuks Ayah Bunda, Begini Caranya Ajarkan Anak Berpuasa

"Jadi saya rasa akan sangat berat dan susah untuk fokus dan berkosentrasi menjawab soal-soal ujian. Tak heran jika banyak dari siswa/siswi yang tidak tahan dan memilih untuk membatalkan puasa," kata Indri.

Tetapi, lanjut Indri, ada beberapa tips agar dirinya tahan berpuasa saat sekolah, dan tips ini cocok diterapkan oleh siswa lainnya. 

Pertama, siswa perlu menghindari aktivitas berat agar tidak menguras energi berlebih. Kedua, pelajar bisa sahur dengan nutrisi yang lengkap. Puasa membuat seseorang menahan lapar dan haus jadi harus pandai untuk menyimpan cadangan nutrisi selama kurang lebih 12 jam agar tubuh tahan.

"Saat sahur kita sebaiknya menyiapkan makanan dengan asupan nutrisi yang tepat seperti karbohidrat yang ada pada nasi, protein pada daging, dan kandungan vitamin pada buah-buahan," ucap Indri.

BACA JUGA:Bulan Ramadhan, Ini Imbauan Kasat Lantas Polres Pagaralam

Indri menambahkan, banyak dari masyarakat beranggapan bahwa saat sahur makan sebanyak banyaknya dapat membantu menahan lapar seharian. 

"Tapi hanya makan banyak tidak cukup kita perlu mengimbangi pola makan kita," tambahnya. 

Ketiga, Indri pernah membaca sebaiknya menghindari mengonsumsi kafein. Memang benar mungkin di hari biasa kafein bisa berikan kesegaran agar lebih semangat menjalani aktivitas seharian terutama ketika mengantuk. 

"Namun ketika berpuasa mengkonsumsi kafein sebaiknya dihindari karena dapat melukai lambung," kata Indri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: