Menjelang Ramadhan Harga Bumbu Dapur Alami Kenaikan

Menjelang Ramadhan Harga Bumbu Dapur Alami Kenaikan

DAGANG : Para pedagang Bahan Rempah di Pasar Pulau Mas Tebing Tinggi, Selasa (21/3/2023). Foto: Mustika Rati/REL.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Harga bumbu dapur seperti ketumbar dan sahang (lada) mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam beberapa pekan terakhir, Selasa (21/3/2023).

Harga ketumbar yang sebelumnya berkisar Rp50 ribu kini  naik sekitar 15 persen dari harga sebelumnya menjadi Rp65 ribu, sementara harga sahang naik sekitar 40 persendari harga Rp110 ribu menjadi Rp150 ribu. per kilogramnya.

BACA JUGA:Cara Buat Bumbu Sate Sapi atau Kambing, Dijamin Bikin Ketagihan

“Ketumbar satu kilo dari harga Rp50 ribu jadi Rp65 ribu dan sahang satu kilo harganya Rp110 ribu naik menjadi Rp150 ribu, sedangkan kemiri naik 10 ribu,” ucap Sutar pedagang rempah di Pasar Pulau Mas Tebing Tinggi, Selasa (21/3/2023).

Masih menurut Sutar, kenaikan harga ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya naiknya harga bahan baku dan biaya transportasi menjelang bulan Ramadhan serta peningkatan permintaan dan lain-lain.

BACA JUGA:Harga Kebutuhan Dapur Jenis Cabai dan Tomat Masih Tinggi

"Kenaikan harga biasanya disebabkan oleh naiknya harga dari agen dan biaya transportasi yang lebih mahal dibanding hari biasanya," jelas sutar.

Menjelang hari Raya Idul Fitri diperkirakan bahwa kenaikan harga ini dapat berdampak pada harga bahan makanan lainnya terutama pada masakan tradisional yang menggunakan ketumbar dan sahang sebagai bumbu utama.

BACA JUGA:Kebutuhan Dapur Merangkak Naik

Dalam hal ini para pedagang dan konsumen diharapkan untuk tetap bijak dalam mengelola keuangan dan mencari alternatif bumbu lainnya yang lebih terjangkau sehingga tidak mengganggu keseimbangan keuangan keluarga. (Mus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: