Minat Lanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Masih Sangat Rendah

Minat Lanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Masih Sangat Rendah

Sekretaris Komis V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Selatan (Sumsel), H David Hadrianto Aljufri -Foto: dok/REL.-

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Keinginan para pelajar SMA di EMPAT LAWANG, untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, ternyata masih sangat rendah.

Sekretaris Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Selatan (Sumsel), H David Hadrianto Aljufri menyebut, dirinya baru saja menggelar reses ke sejumlah SMA di Kabupaten Empat Lawang.

Dari kegiatan reses tersebut, alangkah terkejutnya Ia saat mengetahui jika minat para pelajar SMA di Empat Lawang, untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, masih sangat rendah, bahkan sudah sampai pada tahap memprihatinkan.

BACA JUGA:22 Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Lengkap Beserta Alamat dan Linknya

Bagaimana tidak, saat dirinya bertanya ke siswa-siswi, apakah ada yang berminat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi selepas tamat SMA, mayoritas menajawab tidak melanjutkan alias cukup tamat SMA saja.

Bahkan, di salah satu SMA di Empat Lawang, pria yang akrab disapa HDA tersebut mengatakan, dari seluruh siswa yang duduk di bangku kelas XII, cuma ada lima orang siswa yang berminat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Hal ini berbanding terbalik ketika dirinya menanyakan pertanyaan yang sama ke pelajar SMA kelas XII di Kota Palembang, yang mayoritas antusias menjawab akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, bila tamat di jenjang SMA.

"Tentu saja ini menjadi keprihatinan dan harus menjadi perhatian bersama,  betapa keinginan para pelajar SMA di Empat Lawang, tidak begitu berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," ungkap HDA saat dibincangi wartawan di Tebing Tinggi, Senin (6/3/2023).

BACA JUGA:Gandeng Perguruan Tinggi Cegah Stunting

Menurut HDA, ada banyak faktor yang menyebabkan rendahnya minat para pelajar SMA di Empat Lawang, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Selain faktor ekonomi, alasan kurang berminatnya pelajar SMA di Empat Lawang untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, itu karena minimnya edukasi ke para pelajar tersebut, tentang pentingnya pendidikan.

"Faktor dari sekolah, orang tua dan orang terdekat di lingkungan mereka, sangat mempengaruhi mindset para pelajar ini," terangnya.

BACA JUGA:ITPa Bersiap Naik Level Jadi Universitas

BACA JUGA:Sah! Pemkab Empat Lawang - Universitas PGRI Palembang Jalin Kerjasama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: