North West Derby, Ketika Ekonomi dan Sepakbola Bertemu

North West Derby, Ketika Ekonomi dan Sepakbola Bertemu

Liverpool Vs Man United. (Ilustrasi).--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Jika di Spanyol ada rivalitas panas Barcelona dan Real Madrid, Der Klasiker di Jerman antara Dortmund dan Bayern Munich, atau Pertemuan antara Boca Juniors melawan River Plate di Benua Amerika.

Maka inggris pun ada laga "klasik" yang tak kalah tenar dibanding laga-laga diatas.

Itu adalah North West Derby atau Derby Barat Laut antara Liverpool melawan Manchester United.

Berbeda dengan El Clasico yang kebih kental dengan politik nya, North West Derby cukup tenar karena persaingan sosial dan ekonominya.

BACA JUGA:Chelsea Dipermalukan Leeds United 3-0

Persaingan bermula pada awal era revolusi industri di Inggris. Tiap kota di negeri Ratu Elizabeth tersebut bersaing untuk menjadi yang terbaik dari segi Ekonomi.

Liverpool dan Manchester, pun tak ketinggalan. Kedua kota yang dulunya merupakan bagian dari Lancashire itu bersaing demi jadi yang terbaik di Inggris.

Liverpool dengan letak strategisnya yang berada di pinggiran pantai Inggris memegang kendali pelabuhan se-Britania Raya. Segala aktivitas yang mengandalkan pelabuhan terjadi disana.

Berbeda dengan sisi Merseyside, Manchester yang tak punya kemewahan dalam hal pelabuhan memilih bergerak di bidang tekstil dan kapas, hingga menjadi kota Fashion di Inggris.

BACA JUGA:MU vs Barca, Duel Tim Pesakitan

Tak ada yang terjadi hingga Manchester membuka kanal kapal pertama mereka. 

Hal ini tak lepas dari kekesalan Manchester karena Liverpool yang memegang bisnis pelabuhan terus menaikan harga biaya ekspor impor.

Akhirnya Manchester membuka kanal kapal dan mematikan bisnis pelabuhan di Liverpool.

Kanal Kapal Manchester membuka jalan bagi jual-beli, barter, perdagangan, dan keluar-masuknya kapal asing ke Kota Manchester, tanpa harus melalui pelabuhan Liverpool.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: