Mengapa Sepakbola Menjadi Olahraga yang Begitu Populer?

Mengapa Sepakbola Menjadi Olahraga yang Begitu Populer?

Salah satu pertandingan sepakbola. (Net)--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pada laga final Piala Dunia Qatar Desember 2022 lalu, sebanyak 4 Miliar orang yang menonton dari seluruh dunia.

Itu lebih dari setengah penduduk Bumi yang saat ini tercatat sebanyak 7 miliar orang.

Angka itu merupakan orang yang hanya menonton dari rumah alias tidak pergi ke Doha, ibukota Qatar, untuk menonton langsung.

Lalu mengapa sepakbola bisa begitu populer?

BACA JUGA:Rumor Semakin Kencang, Benarkah Messi Akan Kembali ke 'Rumah'?

Banyak orang menganggap sepakbola merupakan olahraga semua kalangan. Baik itu muda atau tua. Anak-anak atau orang dewasa. Pria maupun wanita.

Jika menilik sejarah, sepakbola pertama kali muncul dari Inggris, tepatnya di abad ke-19. Pada 1863, terbentuklah The Football Association sebagai badan resmi yang mengatur tentang sepak bola di Inggris. Tapi itu hanya sejarah sepakbola modern.

Ada permainan yang dianggap mendekati sepakbola zaman sekarang. Bahkan permainan ini telah ada di masa sebelum Masehi, atau tepat nya disekitaran 1122-247 SM di China.

Permainan ini dikenal dengan nama Tsu-Chiu. Tsu berarti kaki dalam bahasa China, sedangkan Chiu berarti bola.

BACA JUGA:Saat Calciopoli Meruntuhkan Kejayaan Sepakbola Italia

Hal ini dibuktikan dari buku-buku yang ditinggalkan tentara Cina. Dalam buku itu terdapat gambar-gambar orang seperti sedang bermain sepak bola.

Kembali ke bahasan, olahraga ini menjadi begitu populer setelah banyak negara mengkuti FA untuk membentuk asosiasi sepakbola nya masing-masing.

kemudian tahun 1904, berdirilah Federation International de Football Association (FIFA) di Paris.

Kompetisi-kompetisi resmipun mulai bermunculan. Semisal English Premier League di Inggris, LaLiga di Spanyol, ataupun Serie A di Italia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: