Ajak Kades Tangani Masalah Data

Ajak Kades Tangani Masalah Data

Eka Agustina (Kadinsos Empat Lawang).--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kepala Dinas Sosial Kabupaten EMPAT LAWANG, Eka Agustina mengajak para kades menyiapkan operator desa yang khusus menangani permasalahan data masyarakat di desa.

"Banyak masyarakat desa yang datanya berbeda seperti data BPJS, data yang ada di Disdukcapil beda. Nah kalau bisa siapkan satu operator desa khusus menangani permasalahan data kependudukan ini," pinta Eka saat menyampaikan tanggapannya di Musrenbang Kecamatan Tebing Tinggi, Kamis (16/2/2023).

Jadi sambung Eka, data tidak akan berbeda-beda. Menurut dia, kalau miskin itu relatif.

"Maksutnya, kalau hari ini ia miskin mungkin besok bisa jadi kaya, siapa tau  dikasih anggota dewan, modal langsung melonjak menjadi keluarga yang layak," ucap Eka.

BACA JUGA:Walikota Pagaralam Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan

Ketika data itu bisa disampaikan kepada pihaknya, kata Eka lagi, terutama untuk penerima KIS, karena kadang-kadang sering terbentur.

"Orangnya sudah di RS melapor bupati ingin makan saja sulit apalagi untuk berobat," ujarnya.

Menurut Eka, Dinsos selalu dibenturkan dengan masalah itu.  Perlu diketahui Dinsos tidak mempunyai anggaran untuk merawat orang yang sakit. "Tetapi kami mempunyai solusi dan jalan keluar," ujarnya.

Untuk jalan keluar tersebut dia merinci, pihaknya bisa merujuk ke balai sosial tetapi harus ada KIS. "Kami bisa mengantarkan ODGJ ke RSJ tetapi harus ada KIS. Baik itu PBI atau KIS APBD," imbuhnya.

BACA JUGA: Ada Usulan Pembangunan?, Catat Ini Jadwal Musrenbang di Kecamatan Pagar Alam Selatan

Pada prinsifnya sambung Eka lag, pihaknya ingin meningkatkan paket UHC tetapi permasalahannya di data Empat Lawang belum penuh untuk mengentry ke pusat. 

"Sedangkan ditahun 2023 ini susah juga karena data belum lengkap dan di pusat itu sudah ditutup kuotanya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," bebernya.

Oleh karena itu, Eka meminta para kades supaya bisa membantu Dinsos Empat Lawang. Seperti memfoto rumah warga yang tidak mampu, memberikan juga kartu keluarga beserta KTP yang sudah online di Disdukcapil.

BACA JUGA:Kabid Pemdes Geram, Laporan Seluruh Kades Tebing Tinggi Selalu Lamban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: