PSHT Buka Latihan di SMKN 1 Empat Lawang

PSHT Buka Latihan di SMKN 1 Empat Lawang

SILAT: Anggota PSHT sedang menunjukkan gerakan silat di depan siswa SMKN 1 Empat Lawang.-FOTO: ANITA-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Silat Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) ialah organisasi olahraga yang pertama kali dibentuk pada tahun 1922 oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo. 

kemudian disepakati namanya menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate pada kongres pertamanya di Madiun pada tahun 1948. 

Silat PSHT tersebar ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Salah satunya ada di Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Siswa SMK N 1 Empat Lawang Ikuti Sosialisasi Jaksa Masuk Sekolah

Defi Albusyairi selaku Ketua PSHT Cabang Empat Lawang menjelaskan sejak tahun 2010 sudah banyak yang bergabung latihan di PSHT, dan PSHT Cabang Empat Lawang terbentuk pada tahun 2020.

"Kalau yang latihan sudah sejak tahun 2010 pada saat itu kita masih bergabung di PSHT Lahat sebelum akhirnya menjadi PSHT Empat Lawang," kata Defi, Kamis (16/2).

Dijelaskan oleh Defi, anggota PSHT banyak dari SMKN 1 Empat Lawang dan ada juga dari SMA yang lainnya. Diketahui pada saat ini sebanyak kurang lebih 130 siswa SMKN 1 Empat Lawang sudah menjadi anggota PSHT.

Pada hari Sabtu (11/2) kemarin, Defi membuka latihan PSHT yang diselenggarakan di SMK N 1 Empat Lawang.

BACA JUGA:Pengurus OSIS dan MPK Tahun 2023 SMKN 1 Empat Lawang Resmi Dilantik

"Harapannya PSHT bisa mengirimkan anggotanya untuk mengikuti O2SN," ucap Defi. 

Kehadiran Ketua PSHT Empat Lawang beserta rombongan untuk membuk latihan di SMKN 1 Empat Lawang sangat disambut baik oleh Kepala SMKN 1 Empat Lawang, Panyahuti. 

"Saya berharap anak-anak terus bersemangat latihan sehingga dapat muncul atlet-atlet berbakat dan dapat mewakili SMK di kejuaran-kejuaraan silat baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi," ujar Panyahuti. (Ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: