Pol PP Bongkar Lapak Liar di Pulo Mas

Pol PP Bongkar Lapak Liar di Pulo Mas

PASAR : Suasana penertiban lapak liar pedagang di Pasar Pulau Mas Kecamatan Tebing Tinggi, Empat Lawang, Senin (13/02/2023). Foto : Mustika Rati/REL.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sejumlah lapak liar di Pasar Pulau (Pulo) Mas Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Tinggi, EMPAT LAWANG ditertibkan petugas, Senin (13/02/2023).

Petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perindustrian dan perdagangan, Polri dan TNI bersama-sama melaksanakan sekaligus mengawal penertiban lapak pedagang di lokasi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Empat Lawang, HM Taufik mengatakan, penertiban lapak pedagang ini dilakukan untuk lapak pedagang yang berada di luar peruntukan ataupun di luar ketentuan.

"Berdasarkan SK bupati yang telah dikeluarkan, kami menertibkan para pedagang yang mendirikan lapak diluar peruntukan ataupun ketentuan," kata Taufik.

BACA JUGA:Jembatan Pulo Mas Ditutup Sebagian

Lebih lanjut Taufik menyampaikan, lapak pedagang yang ditertibkan diantaranya lapak yang ada di Jembatan Pulau Mas, lapak yang didirikan sendiri oleh pedagang pada lahan Dinas Pertanian, dan lapak-lapak yang peruntukan dan lokasinya menyalahi ketentuan.

"Seperti pada bagian dalam pasar sudah diatur sebagai lapak yang diperuntukan para pedagang basah atau yang menjual ikan, ayam dan daging dengan membentuk huruf U," jelasnya.

Tetapi tamba dia, banyak pedagang tersebut yang berjualan dengan tidak sesuai ketentuan, ada juga lapak di luar itu diperuntukkan para pedagang sayuran akan tetapi dirubah fungsi menjadi lapak berjualan ikan.

"Jadi semua kita tertibkan sesuai ketentuan," ujarnya.

BACA JUGA:Pedagang Salahi Aturan, Petugas Gabungan Bongkar Lapak Pedagang di Pasar Pulo Mas

Senada dengan itu, Kepala Dinas Satpol PP dan Linmas Kabupaten Empat Lawang, Asnan Ghozi mengatakan, penertiban ini bertujuan baik, agar kedepannya kondisi pasar akan lebih nyaman dan indah untuk dipandang.

"Diharapakan semua pedagang bisa saling kompak, berjualan di tempat yang sudah di sediakan oleh pemerintah agar terwujud pasar yang indah dan nyaman," ucapnya.

Sementara itu, seorang pedagang yang namanya tidak mau disebutkan mengungkapkan Pemkab Empat Lawang bisa melihat situasi dan kondisi perekonomian masyarakat saat ini.

Ia  berpendapat seharusnya Pemkab Empat Lawang tidak hanya menertibkan saja, namun harus ada solusi atas penertiban yang diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: