2023 El Nino Bakal Cukup Panjang, Sekda Ingatkan Ini

2023 El Nino Bakal Cukup Panjang, Sekda Ingatkan Ini

CEK : Sekda Empat Lawang, Pauzan Khoiri Denin saat mengecek kondisi peralatan pemadam kebakaran, Kamis (2/2/2023). -Foto : Muhammad Farrel/REL.-

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sekertaris Daerah (Sekda) EMPAT LAWANG, Pauzan Khoiri Denin mengingatkan kepada masyarakat, agar bersiap-siap menghadapi El Nino yang diperkirakan bakal terjadi cukup panjang di wilayah Indonesia pada tahun 2023 ini.

El Nino yang diperkirakan terjadi tersebut, dimulai Maret hingga September 2023 mendatang.

"Sebagaimana diketahui, jika terjadi kemarau panjang, maka akan berhubungan dengan bencana kebakaran," ungkap Sekda Pauzan saat dibincangi wartawan usai Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) yang digelar di lapangan Pemkab Empat Lawang, Kamis (2/2/2023).

Sejauh ini kata Sekda, persiapan yang dilakukan Pemkab Empat Lawang bersama instansi terkait, TNI dan Polri sudah cukup siap. 

BACA JUGA:Empat Lawang Masuk Musim Kemarau

"Insha Allah kita sudah siap," ujar Sekda.

Disampaikannya, hampir seluruh wilayah Kabupaten Empat Lawang, sambung Sekda, semuanya rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Makanya tadi kita pesan kepada pihak perusahaan dalam melaksanakan eksplorasi atau pengembangan, untuk sesuai aturan," terangnya.

Seperti sambung dia, menghindari dan meminimalisir pembukaan lahan dengan cara pembakaran.  "Kita harapkan mereka sesuai dengan SOP, dengan mengikuti peraturan yang ada," sampainya.

BACA JUGA:Pesan Kapolres Saat Pimpin Apel Gabungan Pengamanan Malam Tahun Baru

Kepada masyarakat kata Sekda lagi, agar memastikan puntung rokok yang dibuang sudah benar-benar apinya sudah mati.

"Dan ketika hendak meninggalkan rumah, kantor, atau tempat usaha  langkah pencegahan terhadap potensi terjadinya kebakaran juga harus dilakukan," pesannya.

Ia menambahkan, sejumlah potensi penyebab kebakaran yang perlu diwaspadai bersama diantaranya listrik, kompor, puntung rokok, perangkat elektronik, dan pembakaran sampah.

BACA JUGA:Joncik Muhammad Jadi Pembina Apel Hari Santri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: