Nasib Penjual Ikan Keliling, Musim Hujan Penghasilan Setiap Hari tak Menentu

Nasib Penjual Ikan Keliling, Musim Hujan Penghasilan Setiap Hari tak Menentu

Penjual ikan keliling kampung, Minggu (29/1/2023). FOTO : RATI/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Akibat dari pengaruh krisis ekonomi yang melanda dunia, banyak masyarakat kelas bawah menjadi korban hukum alam.

Begitu dengan nasib Penjual ikan keliling, yang mencari nafkah untuk keluarga dengan mengitari kampung-kampung, jam kerja tidak menentu, namun penghasilan tidak mencukupi.

Sebut saja Rafi, seorang pedagang ikan keliling, Rafi tinggal di kecamatan saling, namun mencari rezeki keliling ke Kecamatan Tebing Tinggi.

BACA JUGA:Harga Telur Masih Tinggi, Bagaimana Nasib Pedagang Telur Gulung?!

"Kalau orang pemerintah akan kerja dari Senin hingga Jumat dan waktu kerja juga teratur, namun apa daya seorang pedagang ikan keliling, yang jam kerja hampir seharian, namun penghasilan bahkan tidak cukup untuk kebutuhan hidup," keluh Rafi seorang pedagang ikan keliling kampung pensiunan.

Berkeliling dari kecamatan saling, masuki pensiunan hingga desa batu raja, setiap hari membawa kurang lebih 30 kg ikan nilai dan 30 kg ikan emas, Baik ikan hidup maupun yang sudah mati.

"Setiap hari paling laku setengahnya, ditambah musim hujan, sungguh sangat sulit perjuangan hidup seorang tukang ikan keliling," ucapnya sambil menangis mengeluh.

BACA JUGA:Pasar Pulau Emas Kembali Tak Beraturan, Banyak Pedagang Membandel

Walaupun dengan sulitnya kehidupan, namun tidak membuat Rafi menyerah, karena rezeki yang di dapat akan dinikmati oleh keluarga tercinta yang telah menanti dirumah.

"Kalau hujan berteduh, lanjut hingga hari sudah gelap, walaupun hasil penjualan sedikit, Alhamdulillah masih diberi rezeki, rezeki sehat dan rezeki dijauhkan dari malapetaka," jelasnya 

Berjualan kadang sampai malam, melewati jalanan yang sepi, Rafi selalu bersyukur karena dirinya bisa sampai kerumah tanpa mengalami hal yang tidak di inginkan.

BACA JUGA:Jam 9 Pagi Pasar Pulau Emas Sudah Sepi Pembeli, Bagaimana Nasib Pedagang?

BACA JUGA:Pedagang Salahi Aturan, Petugas Gabungan Bongkar Lapak Pedagang di Pasar Pulo Mas

"Walaupun rezeki uang sedikit, Alhamdulillah rezeki sehat dan dilindungi oleh tuhan selama berjualan ikan keliling merupakan rezeki juga mbak," tutur Rafi. (Mus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: