Ramai Ibu-ibu Datangi Posyandu di Desa Tanjungkupang, Yuk Intip Manfaat Mengikuti Kegiatan Posyandu!!

Ramai Ibu-ibu Datangi Posyandu di Desa Tanjungkupang, Yuk Intip Manfaat Mengikuti Kegiatan Posyandu!!

Kegiatan Posyandu di Desa Tanjungkupang Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupten Empat Lawang, Sumsel, Jum'at (7/1/2023). Foto : Andika/REL--

EMPATLAWANG, 

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID -Kegiatan Posyandu diadakan di Desa Tanjungkupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang Sumatra Selatan (Sumsel) Jum'at, (6/1/2023).

Kegiatan posyandu di Desa Tanjungkupang Baru ini, merupakan kegiatan rutin setiap bulan yang diadakan  di Kantor Desa Tanjungkupang Baru.

BACA JUGA : PTBA Bangun Posyandu dan Balai Masyarakat 

Melihat salahal satu contoh kegiatan Posyandu di Desa Tanjungkupang tersebut, ternyata peran Posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. 

Banyak program Posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur.

BACA JUGA : Lakukan Pembinaan dengan Memberikan Bantuan Alat Kesehatan Posyandu 

Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu, merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. 

Tujuan utama Posyandu, mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Berbeda dengan Puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, Posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. 

Lokasi Posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat, mulai dari lingkungan desa atau kelurahan hingga dusun/RW.

Kegiatan posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan. Berikut kami paparkam berbagai kegiatan di Posyandu dan manfaatnya : 

1). Program kesehatan ibu hamil

Pelayanan yang diberikan posyandu kepada ibu hamil mencakup pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: