6 Cara hindari Mabuk Perjalanan

6 Cara hindari Mabuk Perjalanan

FOTO: ILUSTRASI--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Mabuk perjalanan adalah salah satu masalah yang tidak bisa dianggap sepele karena cukup mengganggu terutama saat seseorang akan melakukan perjalanan jauh seperti mudik atau perjalanan dinas. Alhasil, tak jarang seseorang menghindari melakukan perjalanan menggunakan alat transportasi tertentu dengan alasan mabuk perjalanan.

Perlu anda ketahui bahwa mabuk perjalanan atau motion sickness adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak kecil.

Biasanya mabuk perjalanan ditandai dengan rasa gelisah, lemas, rasa pusing, keringat dingin hingga mual dan muntah. Pada anak biasanya tanda ini juga disertai dengan rewel dan menangis terus-menerus.

Kendati demikian, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah mabuk di perjalanan. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di sini! 

1. Hindari Makan Berlebihan

Selayaknya kendaraan yang akan menempuh perjalanan, kamu juga butuh ‘bahan bakar’ yaitu makanan. Namun, agar tidak mengalami mabuk selama bepergian, hindarilah makan secara berlebihan sebelum melakukan perjalanan jauh.

2. Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Jika kamu adalah orang yang mudah mengalami mabuk perjalanan, pilihlah tempat duduk yang paling minim guncangan. Sebagai contoh, jika kamu bepergian dengan menggunakan mobil pribadi, bangku depan adalah pilihan terbaik untuk mencegah mabuk. Selain itu, hindari juga untuk duduk menghadap belakang atau melawan arus laju dari kendaraan. 

3. Pastikan Kamu Cukup Tidur

Rasa pusing dan mual juga dapat disebabkan oleh kurang tidur di malam hari. Meski tidur selama perjalanan memang bisa membantu menghindari mabuk, tapi sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Artinya, terlalu banyak tidur di perjalanan malah dapat membuat kamu lebih pusing dan lemas.

4. Istirahatlah

Sesekali ambil waktu untuk beristirahat dan menghirup udara segar di tengah perjalanan. Seperti berhenti untuk beberapa menit setelah menempuh perjalanan selama 4-5 jam. Hal ini ampuh untuk menyegarkan tubuh sehingga terhindar dari rasa mual dan pusing.

Di samping itu, kamu juga bisa mematikan AC mobil sejenak dan membuka jendela. Biarkan sinar matahari dan angin sepoi-sepoi masuk ke dalam kendaraan. Jangan memaksakan untuk melanjutkan perjalanan jika sudah benar-benar merasa sesak.

5. Mengonsumsi Jahe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: