Membaca itu Penting, Loh Kenapa?

Membaca itu Penting, Loh Kenapa?

BACA : Mahasiswa sedang asik membaca buku, Rabu (28/12/2022). FOTO: ANITA/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Ada banyak hal yang didapatkan dari suka membaca. Seperti halnya yang dirasakan oleh Silvy salah satu mahasiswa di Universitas Bengkulu sekaligus Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Empat Lawang.

Membaca buku adalah jendela dunia, sebuah istilah yang sangat sering didengar. Menurut Silvy dengan membaca buku maka seseorang bisa melihat keadaan dunia tidak perlu datang ke tempat yang ingin diketahui atau dengan kata lain seseorang dapat memahami keadaan alam dengan mudah serta menambah wawasan terhadap suatu tempat yang belum dikunjungi.

"Saya kalau pengen tahu tentang sesuatu pasti baca. Baik itu baca di internet ataupun baca melalui buku," kata Silvy.

Selain bisa mengetahui kondisi dunia, lanjut Silvy, membaca bisa membuat pikiran dan hatinya menjadi lebih tenang. Ketika dunia nyata tak sesuai ekspetasi maka dengan membaca buku, pikiran dan hati Silvy menjadi jauh lebih damai membuat semua kegundahan hati seperti hilang seketika karena terhanyut dalam tulisan tulisan. 

"Dengan membaca juga bisa mengembangkan ide ide baru atau imajinasi yang baru karena baca satu buku saja bisa membuat imajinasi melanglang jauh ke dalam tulisan," tutur Silvy.

Manfaat membaca buku juga dirasakan oleh Pitri Ayu siswi dari SMA N 2 Tebing Tinggi. Menurut Pitri, dengan membaca buku juga dapat membuat dirinya menemukan gaya bicara atau tata bicara yang baru karena di dalam buku banyak sekali kata bahasa yang dijumpai.

"Mungkin ada gaya berbicara ala kekinian ada juga dengan bahasa yang baku itu semua berawal dari buku, dan jika membiasakan diri dengan membaca buku maka wawasan yang didapat akan lebih luas  dan kita juga bisa mengetahui istilah-istilah lain dari buku tersebut," ujar Pitri. 

Sementara itu, Rendi Agustian siswa dari SMK N 1 Empat Lawang mengatakan membaca ialah aktivitas yang menandakan bahwa seseorang masih bisa melihat, artinya diharapkan setelah membaca sebuah buku seseorang bisa melihat atau menemukan cara pandang baru dalam banyak hal.  

"Dengan membaca buku maka seseorang mendapatkan informasi dari yang dibaca baik dari buku masak masak, buku cerita, novel, musik, serta komik anime, tapi yang lebih penting ialah mau berusaha, kalau hanya dibaca tapi tidak dikaji percuma. Sama halnya mencintai seseorang tapi tidak menggungkapkan kata cinta kepada dirinya," tutur Rendi. (Ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: