Biji Durian Bisa Jadi Tepung?, di Empat Lawang Ada Pelatihannya

Biji Durian Bisa Jadi Tepung?, di Empat Lawang Ada Pelatihannya

--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG - Sebanyak 40 peserta yang terdiri dari pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) mengikuti pelatihan Olahan Pangan Berbahan Dasar Biji Durian Menjadi Tepung yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Empat Lawang di Hotel Kito Tebing Tinggi, Rabu (28/12/2022).

Pelatihan dilangsungkan selama dua hari yakni hari ini, Rabu (29/12/2022) dan besok Kamis (29/122022) dengan mendatangkan langsung pemateri dua orang Konsultan olah pangan dari Jogjakarta yang siap memberikan ilmu tentang pengelolaan limbah biji durian. 

Acara dibuka langsung oleh Hj Hepy Safriani selaku Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Empat Lawang. 

Dalam sambutannya, Hj Hepy menjelaskan durian salah satu buah yang ada di Kabupaten Empat Lawang, selama ini bijinya hanya menjadi sampah. Hepy menginginkan biji durian dapat diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat, yang dapat dinikmati, dan tentunya dapat menghasilkan uang untuk para IKM.

"Pelatihan ini bukanlah solusi akhir dari limbah biji durian, ini adalah awal.

Harapannya setelah pelatihan ini pelaku IKM dapat memproduksi tepung biji durian dan bisa memasarkannya juga. Bisa kerjasama dengan Dinas UMKM dan Koperasi untuk perihal pemasarannya," kata Hepy. 

Di tempat sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Empat Lawang, Muhammad Taufik melalui Kabid Perindustrian, Haniran dalam sambutannya berharap setelah mengikuti pelatihan peserta dapat mengelola limbah biji durian menjadi tepung yang memiliki nilai jual tinggi. 

"Harapannya untuk peserta bisa mempraktekkan pengelolaan limbah biji durian menjadi tepung, dan kulit durian menjadi selay, dan membuat varian makanan baru dari hasil olah pangan tersebut," tutur Haniran. (Ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: