Pemegang Kartu Tani Bisa Dapat Subsidi

Pemegang Kartu Tani Bisa Dapat Subsidi

SERAH : Penyerahan secara simbolis kartu tani oleh Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, Kamis (8/12) lalu. FOTO : DOK/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Kartu tani adalah kartu ATM, tabungan Simpedes dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang digunakan untuk menampung alokasi subsidi pupuk dari pemerintah kepada petani. 

Penebusan pupuk bersubsidi dengan kartu tani hanya bisa dilakukan di agen-agen Brilink yang telah ditunjuk dan memenuhi kualifikasi sebagai Kios Pupuk Lengkap (KPL).

Pimpinan BRI Unit Tebing Tinggi, Sholeh mengaku, bahwa banyak sekali manfaat dari penggunaan kartu tani untuk para petani, namun harus digaris bawahi di sini, kartu tani untuk memperoleh subsidi dari pembeli pupuk, bukan berarti pupuk didapat secara gratis, namun tetap dibeli dengan harga yang lebih murah dari harga normal.

"Disini saya jelaskan sedikit, bahwa kartu tani ini merupakan bentuk dari tabungan Simpedes, jadi untuk mendapatkan subsidi pupuk dari pemerintah para petani juga harus mengisi saldo di kartu tani," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (15/12).

Diapun memaparkan, fungsi dari kartu tani itu sendiri jika para petani mau membeli pupuk bersubsidi, jika harga normal pupuk Rp400 ribu, maka melalui kartu tani para petani hanya membayar Rp100 ribu saja. "Jadi subsidi disini potongan harga Rp300 ribu," terang Sholeh.

Lanjut Sholeh, bahwa di Kabupaten Empat Lawang ada 850 kartu tani yang disalurkan kepada petani, untuk petani yang sudah pindah atau meninggal, akan diusulkan ke ahli waris, namun diprotes pada tahap penyaluran berikutnya.

"Kurang lebih ada 850 kartu tani yang disalurkan untuk Kabupaten Empat Lawang, namun ada juga yang kita tidak salurkan seperti petani yang sudah pindah atau meninggal dunia," imbuhnya.

Ditempat yang berbeda, Edi Mansi salah satu anggota kelompok tani di Desa Rantau Tenang Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan berupa kartu tani.

"Kartu tani sangat bermanfaat bagi kami para petani, bahkan dengan adanya kartu tani dapat meminimalis pembiayaan untuk para petani khususnya petani di Kabupaten Empat Lawang," katanya. (mus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: