Banyak Unsur Terlibat

Banyak Unsur Terlibat

SOSIALISASI : Suasana sosialisasi pembinaan dan Pengawasan Dana Desa oleh APIP Kabupaten Empat Lawang, Selasa (13/12). FOTO : PADRI/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang mendapatkan sosialisasi tentang pembinaan dan pengawasan Dana Desa oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Kabupaten Empat Lawang, di Aula Kantor Camat Tebing Tinggi, Selasa (13/12).

"Kapasitas kami di sini diundang sebagai narasumber, untuk mengisi sosialisasi tentang pengawasan Dana Desa. Sebenarnya pengawasan Dana Desa ini banyak unsur terlibat, seperti Inspektorat, camat, masyarakat, hingga BPD," ungkap Inspektur Pembantu (Irban) bidang Investigasi pada Inspektorat Kabupaten Empat Lawang, Darwindi pada saat sosialisasi tersebut.

Disampaikannya, Kades dan BPD juga berperan. Pengawasan dari unsur yang terlibat juga yang dimaksud seperti apa. "Maka tadi kami jelaskan, peran camat itu apa, BPD itu apa, inspektorat dan masyarakat itu apa, untuk pengawasannya," bebernya.

Jika terdapat temuan ataupun kejanggala seperti peran diatas, masyarakat menyampaikannya ke BPD atau ke Inspektorat.

"BPD jika ada kejanggalan menyampaikan ke pemerintah desa, tapi bukan atas nama pribadi tapi atas nama BPD dan pengawasan dari kami melalui lima kerangka," imbuhnya.

Ketika ada kejanggalan maka akan disampaikan kesalahannya dan nanti ditindak lanjuti. Kesalahan itu ada dua yaitu kesalahan administrasi dan kesalahan pidana.

"Kalau kesalahan administrasi perbaiki administrasi, tapi ketika kesalahan pidana nanti kami koordinasi dengan pihak penegak hukum dan bagaimana prosesnya itu di penegak hukum," tandasnya. (pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: