Asesmen PPKS Selesai dengan Sempurna

Asesmen PPKS Selesai dengan Sempurna

TANDATANGANG : acara penandatanganan kesepakatan kerja antara pihak Sentra Budi Perkasa dengan Dinas Sosia se-Sumsel, Selasa (22/11). FOTO : ISTIMEWA--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Kementerian Sosial melalui Dirjen Rehabilitasi Sosial melaksanakan rapat koordinasi pelaksanaan asistensi rehabilitasi sosial, di Sentra Balai Budi Perkasa Palembang, Selasa (22/11).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Etty Rahmena SPd mengungkapkan, pihaknya menghadiri secara langsung rapat yang digelar di Kota Palembang, tersebut.

Dikatakanya, acara dipimpin langsung pimpinan Sentra Balai Budi Perkasa Palembang, Wahyu Dewanto yang turut dihadiri Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan bersama  Kepala Dinas Sosial kabupaten/kota se-Sumatera Selatan (Sumsel) atau yang mewakili.

Lanjut, pendamping asesmen terintegrasi se-Sumsel yang dilaksanakan oleh Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) serta pendamping asesmen yang berasal dari Kabupaten Batanghari Jambi dan Kabupaten Kaur Bengkulu.

Dikatakanya, setelah sebulan penuh melaksanakan asesmen ke rumah-rumah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), diakhirnya asesmen selesai dengan sempurna. 20 orang pendamping asesmen yang terdapat di 10 kecamatan Kabupaten Empat Lawang berhasil mencapai 100 persen memenuhi target asesmen terhadap 1.821 calon penerima manfaat di Kabupaten Empat Lawang.

"Bantuan yang akan diterima oleh 1.821 warga Empat Lawang terdiri dari 4 klaster, yaitu lansia 386 jiwa, anak-anak 359 jiwa, disabilitas fisik maupun mental 359 jiwa dan wanita dalam keadaan rentan 717 jiwa," beber Etty.

Menurut Etty, bantuan tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh calon penerima manfaat yang sudah diasesmen ke dalam instrumen pendataan yang dilakukan pendamping asesmen terintegrasi seperti kursi roda, kruk ketiak, kaki palsu atau tangan palsu, waiker, alat bantu dengar, motor modif, tongkat untuk tuna netra dan lain-lain.

"Kegiatan-kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan kerja dengan pihak Sentra Budi Perkasa dengan Dinas Sosia se-Sumsel melalui masing-masing bidang rehabilitasi sosialnya. Semoga bantuan ini nantinya akan bermanfaat sekali bagi masyarakat Empat Lawang," harapnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: