Oh Ternyata, Redkar di Empat Lawang Belum Terbentuk

Oh Ternyata, Redkar di Empat Lawang Belum Terbentuk

RAPAT : Sekda Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin saat memimpin Rapat Pembentukan Redkar yang digelar di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Empat Lawang, Selasa (15/11). FOTO : ANDIKA/REL.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar), ternyata belum terbentuk di Kabupaten Empat Lawang. Padahal secara berjenjang, dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga ke desa, Redkar harusnya sudah terbentuk. 

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 144/2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar pada Pelayanan Standar Minimal sub Urusan Kebakaran Daerah Kabupaten/Kota.

Sekda Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin dalam Rapat Pembentukan Redkar yang digelar di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Empat Lawang, Selasa (15/11) menyampaikan, pembentukan Redkar ditujukan dari masyarakat dan untuk masyarakat.

"Dalam pembentukan relawan pemadam kebakaran ini, yang kita libatkan partisipasi dari masyarakat," ungkap Fauzan.

Fauzan juga mengungkapkan, rapat pembentukan relawan pemadam kebakaran yang digelar saat ini, menindaklanjuti Permendagri yang dimaksut, bahwa setiap daerah itu harus punya Redkar secara berjenjang dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai ke tingkat desa untuk membantu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar).

"Selama ini belum ada petugas relawan pemadam kebakaran di Empat Lawang, dan ini baru akan kita tindak lanjuti hari ini di tingkat kabupaten. Kedepan akan kita lanjutkan ke tingkat kecamatan serta tingkat desa," bebernya.

Sementara, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Empat Lawang, Evi Ferilina Susanti menjelaskan, pembentukan Redkar baru dilaksanakan di tingkat kabupaten dan akan segera di lakukan ke tingkat kecamatan serta tingkat desa.

Masih dikatakan Evi, salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan dari kementerian, sudah terbentuknya Dinas Pemadam Kebakaran secara mandiri.

"Alhamdulilah kita dari 17 kabupaten kota kita mendapatkan urutan ke 4 terbentuknya Dinas Pemadam Kebakaran secara mandiri," ungkapnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: