Gandeng Perguruan Tinggi Cegah Stunting

Gandeng Perguruan Tinggi Cegah Stunting

ORIENTASI : Kegiatan orientasi kader percepatan penurunan stunting tingkat kabupaten, yang diselenggarakan di Aula Hotel Kito Tebing Tinggi, Senin (14/11). FOTO: RATI/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Mengoptimalkan penurunan angka dan pencegahan stunting di wilayah Kabupaten Empat Lawang, Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, menggandeng Perguruan Tinggi, melaksanakan kegiatan orientasi kader percepatan penurunan stunting tingkat kabupaten, yang diselenggarakan di Aula Hotel Kito Tebing Tinggi, Senin (14/11).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mencegah menurunkan angka stunting dengan memberikan edukasi pencegahan stunting kepada masyarakat melalui lembaga pendidikan.

"Kegiatan kita hari ini bekerja sama dengan lembaga pendidikan, ada dari UNSRI, Universitas Musi Rawas, bekerja sama dengan dinas kesehatan secara teknis," jelas Sekda Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin.

Ditambahkannya, para OPD dan masyarakat dari pokja-pokja untuk diberikan edukasi untuk penanganan pencegahan dan penurunan stunting.

Sementara itu, Duta Cegah Stunting Kabupaten Empat Lawang yang sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, Hepy Safriani menjelaskan, stunting merupakan gangguan pertumbuhan tinggi badan anak yang tidak sesuai dengan usianya atau mengalami kekerdilan tubuh. Gangguan tersebut berkaitan dengan asupan gizi dan berbagai faktor lainnya, termasuk perilaku dan lingkungan, salah satunya adalah pola asuh.

"Kegiatan ini tujuannya agar masyarakat mengetahui apa itu stunting, bagaimana dampaknya dan yang terpenting apa yang harus dilakukan untuk mencegah stunting," jelas Hepy.

Ditambahkannya, kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pencegahan stunting sedini mungkin. Sehingga diharapkan masyarakat dapat peduli dalam pencegahan stunting, serta memberikan pemahaman dan meningkatkan penerapan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Harapan kami semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung kepada kita semua, yang ada di kabupaten Empat Lawang tercinta," imbuhnya.

Dengan begitu harapnya, setelah masyarakat mengetahui bahwa mereka sangat potensial dalam membantu mencegah terjadinya stunting mereka dapat turut serta menurunkan angka stunting khususnya di Kabupaten Empat Lawang. (mus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: