Satlantas Polres Empat Lawang Siap Dukung Maklumat Kapolri

Satlantas Polres Empat Lawang Siap Dukung Maklumat Kapolri

Foto : Kasat Lantas Polres Empat Lawang, AKP Desi Azhari.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengintruksikan seluruh jajaran Korlantas untuk tidak menggelar operasi penindakan tilang pengendara secara manual.

Menanggapi pernyataan Kapolri tersebut, Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Empat Lawang, AKP Desi Azhari mengatakan, jajaran Satlantas Polres Empat Lawang, siap mendukung kebijakan Kapolri untuk tidak melakukan penilangan secara manual. 

"Sesuaikan dengan Maklumat Kapolri, yang jelas kita mendukung kebijakan kapolri," kata AKP Desi Azhari, Minggu (23/10) 

Sementara itu, salah seorang warga di Kabupaten Empat Lawang, Yono (42) mengatakan, dirinya menyambut baik kebijakan Kapolri yang melarang polisi lalu lintas untuk melakukan penilangan manual.

Karena menurutnya, dengan dilarangnya penilangan manual tersebut, dapat mengurangi tindakan pungutan liar di lapangan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Setuju dengan kebijakan pak Kapolri itu. untuk mengantisipasi terjadinya tindakan pungutan liar, dengan demikian oknum-oknum tersebut tidak bisa melakukan pungli. Lagian sudah ada kamera ETLE," ujarnya.

Namun, ia masih mempertanyakan apakah ada sanksi khusus bagi oknum yang masih melakukan penilangan manual. Jika tidak ada sanksi bagi oknum yang melakukan penilangan manual itu tidak ada bedanya dari kebijakan sebelumnya.

"Jika masih ada oknum yang melanggar (melakukan penilangan manual, red), apakah ada sanksi bagi oknum tersebut," tanyanya.

Kendati demikian, selaku masyarakat Indonesia yang taat, pengendara juga harus mematuhi tata tertib berlalu lintas. Oleh karena itu, dengan mentaati tata tertib lalu lintas, memberikan ketertiban berlalulintas sehingga tidak mengganggu pengendara lainnya.

"Taatilah kelengkapan berkendara, seperti memakai helm, sabuk pengaman, dan juga surat surat harus dilengkapi, karena itu semua demi keselamatan diri sendiri," ungkapnya. (pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: