Desa Canggu Dinilai Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel

Desa Canggu Dinilai Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel

SAMBANGI : tim penilai dikomandoi langsung Wakil Ketua TP PKK Provins Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya saat menyambangi Desa Canggu Kecamatan Talang Padang, Selasa (20/9), Foto : Anita --

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Desa Canggu Kecamatan Talang Padang dinilai oleh Tim 10 Program Pokok PKK Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), tim penilai dikomandoi langsung Wakil Ketua TP PKK Provins Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya, Selasa (20/9).

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Empat Lawang, Hj Heppy Safriani Joncik menyampaikan, kegiatan penilaian 10 program pokok PKK ini mengapa dilaksanakan di Desa Canggu lanjut Hepy, karena Desa Canggu ini banyak memiliki program yang berkaitan dengan 10 program pokok PKK dan dinilai layak mewakili Kabupaten Empat Lawang untuk mengikuti lomba 10 program pokok PKK tingkat provinsi.

"Jika desa bapak-ibu ingin seperti Desa Canggu ini, laksanakan program PKK-nya, nanti ada lomba tingkat kabupaten, dan kalau menang di tingkat kabupaten akan diikutkan di tingkat provinsi. Kalau menang ditingkat provinsi akan mendapatkan rewad dari Bunda," imbuhnya.

Dijelaskannya, di Dana Desa (DD) itu ada 40 persen anggaran untuk dana pemberdayaan, dan dari 40 persen dana pemberdayaan tersebut ada jatah untuk kegiatan PKK.

"40 persen dana pemberdayaan itu bukan untuk PKK semua, tapi ada juga untuk karang taruna. Nah ambil yang bagian PKK, sebab dengan dana yang ada ini, buat program untuk memajukan desa," bebernya.

Ditempat yang sama Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad melalui Sekda Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin mengungkapkan jika Kabupaten Empat Lawang ini baru berusia 15 tahun per 20 April 2022 yang lalu.

"Dan 18 September kemarin, genap 4 tahun masa kepemimpinan pak bupati dan wakil bupati. Meskipun kami berada jauh di tepian Sungai Musi tapi semangat kami tetap untuk Sumsel maju, tidak perlu diragukan lagi," ungkapnya.

Desa Canggu ini ditambahkan Fauzan, merupakan desa binaan TP PKK Kabupaten Empat Lawang dan kini mewakili Kabupaten Empat Lawang untuk mengukuti lomba 10 program pokok PKK tingkat provinsi.

"Sudah barang tentu namanya lomba ada peringkat, kalau nomor satu mungkin kami malu dengan daerah lain, tapi kalau kami berada di nomor 17 mungkin kami malu untuk ke Palembang.

"Tapi harapan kami Desa Canggu kami ini tidak kalah dengan yang nomor 3," harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya, mengatakan, saat ini ada program dari Pemerintah Provinsi Sumsel, yang berkaitan dengan Pokja 3 hatinya PKK, yaitu Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

"Apa saja yan dilakukan untuk membantu, ini juga berkaitan dengan Pokja 4 stunting, membantu pemenuhan gizi keluarga, menanam sayuran di pekarangan rumah. Jadi sekarang biasanya kita beli sekarang kita jadi penjual," ucapnya.

Dia juga menambahkan, untuk penilaian di Empat Lawang hari ini tidak ada catatan, dan hasil dari penilaian ini akan dilaporkan ke Ketua TPPPKK Provinsi Sumsel di Palembang. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: