Terapkan BTA di Semua Sekolah

Terapkan BTA di Semua Sekolah

PROGRAM : Kegiatan program Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) di salah satu sekolah di Empat Lawang, Jum'at (16/9/2022). FOTO: IST FOR REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Pemkab Empat Lawang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Empat Lawang gencar menerapkan program Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) di semua tingkat satuan pendidikan mulai dari TK/PAUD, SD/sederajat, SMP/sederajat, hingga SMA/sederajat.

Kepala Disdikbud Empat Lawang, John Heri mengatakan penumbuhan dan peningkatan pendidikan karakter dalam diri setiap peserta didik sangatlah penting untuk membantu mewujudkan visi misi pemerintah yakni mewujudkan Empat Lawang yang MADANI (Makmur, Aman, Damai, Agamis, Nasionalis, Indah).

"Apa yang diinstruksikan bapak Bupati dan bapak Wakil Bupati sangatlah benar, penumbuhan dan peningktan pendidikan karakter sangatlah penting," ungkap Jhon Heri, Jum'at (16/9/2022).

Apalagi sambung dia, setelah 2 tahun lost learning akibat pandemi covid 19, semua lost baik siswa, guru dan semua orang tua seakan menyerah dengan kondisi pandemi kemaren. 

"Oleh sebab itu kami dari pihak pendidikan mohon dukungan semua pihak utk mengembalikan mental karakter serta kompetensi akademik siswa kita di Empat Lawang ini," tambahnya John Heri.

Ia melanjutkan, salah satu cara untuk penumbuhan dan peningkatan karakter peserta didik di sekolah yakni dengan rutin menerapkan program BTA. Diketahui bahwa program tersebut sudah dijalankan di setiap sekolah di semua satuan pendidikan.

"Kami dari Dikbud akan terus mengontrol penerapan BTA di sekolah-sekolah guna kembali mengingatkan anak-anak dan guru-guru kita bahwa sangat pentingnya peningkatan pendidikan moral lewat BTA," tambahnya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 10 Kecamatan Pendopo, Elis Komariah menambahkan, di sekolahnya setiap hari Jumat rutin menggelar BTA.

"Alhamdulillah kegiatan yang hari Jum'at membaca Alquran bersama guru dan murid sudah hampir seluruh sekolah melaksanakannya dan menjadi kegiatan rutin," ungkapnya. 

Mudah-mudahan dia berharap, dengan rutin menggelar baca Quran setiap hari Jumat bisa menumbuhkan jiwa religius dalam diri murid-murid kami. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: