Cegah PMK, Siapkan 400 Dosis Vaksin Untuk Sapi di Pagaralam

Cegah PMK, Siapkan 400 Dosis Vaksin Untuk Sapi di Pagaralam

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID, PAGARALAM - Dinas Pertanian Kota Pagaralam mendapatkan 400 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan, mulai 1-2 Juli 2022, dosis vaksin tersebut akan disuntikkan bagi ratusan hewan ternak berkaki empat (sapi) yang tersebar di lima kecamatan se-Kota Pagaralam. Jum'at (7/1/2022).

Kepala Dinas Pertanian Gunsono Mekson melalui Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kota Pagaralam Eta Suryani mengatakan, bahwa dari 12.200 vaksin yang diterima Provinsi Sumatera Selatan, Kota Pagaralam mendapatkan jatah sebanyak 400 dosis.

"Jumlah itulah yang akan kita suntikkan ke sapi milik peternak yang tersebar di Lima Kecamatan se Kota Pagar Alam dengan target selesai selama dua hari  (hari ini-besok)," jelasnya.

BACA JUGA:Pakai Baju Tahanan, Oknum Anggota DPRD Lahat Ditahan

Ditambahkan Eta, dalam pelaksanaanya sendiri, vaksinasi di fokuskan ke sapi betina dan anakan, hal ini dikarenakan upaya melindungi populasi dimana sapi betina jarang di sembelih baik untuk dijual maupun digunakan untuk qurban.

"Sehingga upaya antisipasi jangan sampai menular ke sapi yang lainnya dilakukan vaksin terhadap sapi yang akan di piara dan bukan yang akan disembelih,"jelas dia.

Mengenai jumlah vaksin sendiri, Dikatakan Ade, sebenarnya memang belum mencukupi untuk seluruh ternak sapi di Kota Pagaralam, pasalnya, untuk jenis sapi saja di Kota Pagaralam ada sebanyak 5243 ekor yang di kandangkan.

"Namun bukan tidak mungkin nanti, akan ada tambahan vaksin dari provinsi, namun sejauh ini kita akan selesaikan dulu untuk 400 vial yang sudah diterima saat ini,"beber dia.

BACA JUGA:Sopir Mobil Pick Up yang Sebabkan 5 Rumah Terbakar Ditangkap

Dirinya menyebutkan, upaya percepatan pelaksanaan vaksinasinya pun, lima dokter hewan disebar untuk melakukan penyuntikan di lima kecamatan se Kota Pagaralam.

Ditambahkan Dokter Hewan Anharudin, bahwa idealnya vaksinasi PMK ini tidak cukup satu kali dilakukan, minimal dalam satu tahun satu kali vaksin.

"Apalagi media penularan PMK ini juga bermacam-macam, bisa dari sesama ternak itu sendiri bisa juga melalui manusia,"imbuhnya.

Sementara Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Pagaralam Syamsul Bahri Burlian menambahkan bahwa bahaya dari penyalit ini juga berdampak pada perkonomian masyarakat khususnya peternak, sehingga langka nyata memang harus segera dilakukan.

"Hingga pada akhirnya ada rasa aman dan tidak was-was apakah hewan tersebut sehat atau tidak," Pungkasnya. (Rer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: