Samsung Kembangkan Chip Memori GDDR7 24GB Pertama di Dunia, Siap Meluncur Tahun Depan

Kamis 17-10-2024,21:35 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Samsung Electronics kembali menorehkan sejarah di dunia teknologi dengan mengumumkan pengembangan chip memori GDDR7 DRAM 24GB pertama di dunia. 

Chip ini, yang memiliki kapasitas terbesar dan performa tercepat di industri, dirancang untuk mendukung unit pengolah grafis (GPU) flagship pada tahun depan, serta diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan performa secara signifikan.

Dalam pernyataan resmi yang dirilis hari ini, Samsung menyebutkan bahwa chip GDDR7 ini menggunakan teknologi Pulse-Amplitude Modulation (PAM3) untuk mencapai kecepatan transfer data hingga 40Gbps, bahkan bisa mencapai 42,5Gbps tergantung lingkungan penggunaannya.

Ini merupakan peningkatan 25% dibandingkan generasi chip GDDR sebelumnya. Chip ini juga dibuat menggunakan proses 10nm generasi kelima dari Samsung Foundry, yang berhasil meningkatkan densitas sel sebesar 50% tanpa memperbesar ukuran paket.

BACA JUGA:Nokia N75 Max 5G: Hadirkan Snapdragon 8 Gen 3, Kamera Utama 200MP dan Baterai Jumbo 7100mAh

BACA JUGA:Penemuan Makam Kuno Berusia 2.000 Tahun di Bawah Treasury Petra: Mengungkap Rahasia Bangsa Nabatea

Selain itu, Samsung menerapkan sejumlah teknologi inovatif, seperti manajemen kontrol clock dan desain dual VDD, untuk mengurangi konsumsi daya hingga 30%.

Penggunaan teknik power gating juga berhasil mengurangi kebocoran daya secara signifikan, menjadikan chip ini lebih efisien untuk tugas-tugas berat seperti kecerdasan buatan (AI), pusat data, hingga pengolahan grafis.

YongCheol Bae, Wakil Presiden Eksekutif Perencanaan Produk Memori di Samsung Electronics, menyatakan, 

"Setelah mengembangkan GDDR7 16Gb pertama tahun lalu, Samsung kembali memperkuat kepemimpinan teknologi kami di pasar DRAM grafis dengan pencapaian terbaru ini. Kami akan terus memimpin pasar grafis DRAM dengan menghadirkan produk-produk generasi berikutnya yang sesuai dengan kebutuhan pasar AI yang semakin berkembang."

BACA JUGA:Xiaomi 15 Ultra PunyanKamera 200MP, Siap Menggebrak Pasar Smartphone Android di 2025

BACA JUGA:Samsung Rilis Pembaruan Keamanan, Fokus Utama Perbaikan Sistem

Chip GDDR7 24GB ini akan segera divalidasi tahun ini dan dijadwalkan mulai dikirim ke pelanggan utama GPU, seperti AMD dan Nvidia, awal tahun depan. 

Diperkirakan, chip memori ini akan digunakan dalam konsol game generasi terbaru, komputer pribadi, serta kendaraan cerdas yang terhubung.

Dengan inovasi ini, Samsung semakin mengukuhkan dominasinya di pasar memori grafis, mengantisipasi kebutuhan akan performa tinggi di era komputasi berbasis AI dan grafis intensif. **

Kategori :