Pemkab Empat Lawang Salurkan Bantuan Sembako untuk Desa Rawan Pangan

Selasa 15-10-2024,21:14 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang terus menunjukkan perhatian nyata kepada masyarakatnya dengan menyalurkan bantuan sembako kepada desa-desa yang rawan pangan.

Bertempat di ruang pertemuan Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Empat Lawang, acara pembagian bantuan sembako berlangsung dengan dihadiri oleh Bupati Fauzan Khoiri Denin, Asisten I, anggota Tim Percepatan Pembangunan Empat Lawang, perwakilan dari Polres Empat Lawang, dan Bulog Lahat.

Sebanyak 250 keluarga penerima manfaat (KPM) dari berbagai desa di Kabupaten Empat Lawang menerima bantuan tersebut, di mana setiap desa mendapatkan jatah untuk 25 KPM.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban warga yang berada di zona rawan pangan.

BACA JUGA:Polres Empat Lawang Gencarkan Cooling System Demi Pemilukada Damai

BACA JUGA:Pemerintah Desa Tanjung Kupang Baru Gelar Musdes Penyusunan RKPDes 2025

Dalam sambutannya, Noperman Subhi selaku Kepala Dinas Ketapang menyampaikan harapannya agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sesuai tujuan, yakni mengurangi kerawanan pangan di daerah.

"Bantuan ini diharapkan mampu membantu masyarakat yang membutuhkan, dan semoga ke depan jumlah desa yang rawan pangan semakin berkurang," ujarnya.

Bupati Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin, menekankan pentingnya kehadiran pemerintah di tengah masyarakat.

"Jangan dilihat dari besar kecilnya nilai bantuan, tapi lihatlah bahwa pemerintah hadir untuk masyarakat, meski dengan keterbatasan kemampuan yang ada," katanya.

BACA JUGA:Satlantas Polres Empat Lawang Tindak Pelanggaran Lalu Lintas, Knalpot Brong Jadi Sasaran!

BACA JUGA:Viral! Aksi Tak Senonoh Diduga Warga Empat Lawang Bikin Heboh

Fauzan, yang juga sering diminta mengisi tausiyah di berbagai acara keagamaan, menyampaikan bahwa bantuan ini adalah bukti kepedulian pemerintah daerah terhadap warganya.

Selain pembagian sembako, kegiatan tersebut juga diwarnai dengan pemberian beras CPP (Cadangan Pangan Pemerintah) secara simbolis kepada masyarakat di halaman depan kantor Dinas Ketapang.

Masing-masing penerima mendapatkan 10 kilogram beras, yang sebelumnya juga telah dibagikan di beberapa kecamatan, termasuk Paiker, salah satu kecamatan terjauh di Kabupaten Empat Lawang.

Fafif Fortuna, yang bertanggung jawab atas kegiatan CPP dan GPM (Gerakan Pasar Murah), menjelaskan bahwa GPM dimulai dengan penjualan beras murah sebanyak 2 ton di pasar Pulo Mas Tebing Tinggi.

BACA JUGA:Penjabat Bupati Empat Lawang Tinjau Lokasi Kebakaran di Desa Sawah, Muara Pinang

BACA JUGA:Politisi PAN Darli SH, Resmi Dilantik Menjadi Ketua DPRD Kabupaten Empat Lawang Periode 2024-2029

BACA JUGA:Warga Empat Lawang Keluhkan Mati Listrik, PLN dan Pemerintah Diminta Bertindak

“Jika antusiasme masyarakat tinggi, kami akan menambah stok beras murah untuk dijual,” ujarnya.

Sukri, Kepala Desa Lubuk Gelanggang, juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan sembako yang diberikan kepada warganya yang belum pernah mendapatkan bantuan seperti BLT atau BPNT.

"Bantuan ini sangat membantu warga kami yang selama ini belum tersentuh program bantuan lainnya," katanya.

Salah satu penerima bantuan sembako secara simbolis, tak dapat menyembunyikan rasa harunya.

BACA JUGA:Patroli Rutin Jaga Kamtibmas di Ulu Musi

BACA JUGA:Satlantas Polres Empat Lawang Gelar Patroli Subuh, Fokus Cegah Balap Liar dan Kejahatan 3C

Ia mengungkapkan bahwa bantuan berupa beras, susu, gula, dan sarden kaleng ini sangat bermanfaat bagi keluarganya dalam beberapa waktu ke depan. **

Kategori :