Qualcomm Siapkan Chipset Terbaru

Senin 14-10-2024,06:58 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Oktober ini, Qualcomm, perusahaan pembuat chip mobile terkemuka, diperkirakan akan mengumumkan chipset terbarunya, Snapdragon 8 Gen 4, yang berpotensi mengubah pengalaman pengguna Android. 

Chipset ini diprediksi akan menjadi otak di balik ponsel Android kelas atas yang akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Ajang tahunan Snapdragon Summit 2024, yang akan berlangsung dari tanggal 21 hingga 23 Oktober di Hawaii, menjadi momen penting bagi Qualcomm untuk meluncurkan inovasi terbarunya. 

Setiap tahun, chipset Snapdragon generasi terbaru yang diumumkan dalam acara ini menjadi fondasi bagi berbagai perangkat premium Android selama 12 bulan ke depan.

BACA JUGA:Google Rilis Update Quick Share untuk Windows

BACA JUGA:Android dan Chrome Diusulkan Dipisahkan dari Google

Chipset Snapdragon 8 Gen 3, yang diperkenalkan pada Oktober 2023, sudah membuktikan kehebatannya dengan tertanam di beberapa ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S24 Ultra, OnePlus 12, Xiaomi 14 Ultra, dan Honor Magic 6 Pro. 

Chip ini bahkan mampu mendorong penggunaan fitur kecerdasan buatan (AI) secara masif di berbagai perangkat Android.

Namun, seiring rumor hadirnya Snapdragon 8 Gen 4, generasi chipset berikutnya diperkirakan akan memberikan peningkatan signifikan pada performa. 

Chip baru ini akan membuat ponsel-ponsel flagship mendatang mampu memainkan game AAA, multitasking tanpa hambatan, serta menjalankan aplikasi profesional seperti pengeditan video dan rekaman audio dengan mulus.

BACA JUGA:Xiaomi Siapkan Tablet Pad 7 dan Pad 7 Pro, Bawa Chipset Lebih Canggih

BACA JUGA:Surface Duo 2 Siap Menerima Pembaruan Terakhir pada 21 Oktober 2024

Bagi para pecinta fotografi, chipset baru ini akan menawarkan peningkatan kualitas dynamic range dalam foto, serta fitur-fitur AI yang lebih canggih untuk mengedit gambar. 

Pencahayaan dan bayangan dalam game 3D juga akan tampak lebih realistis berkat kemampuan grafis yang ditingkatkan.

Meskipun Google menggunakan chipset Tensor untuk lini ponsel Pixel mereka, sebagian besar produsen Android seperti Samsung, OnePlus, Xiaomi, Asus, dan Sony tetap setia menggunakan chipset Qualcomm. 

Kategori :