Google Rencanakan Peningkatan Fitur "Bubbles API" untuk Semua Aplikasi

Jumat 11-10-2024,07:57 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID — Android 15 belum resmi dirilis, namun kabar terbaru tentang Android 16 sudah mulai muncul. 

Setelah memperkenalkan fitur Bubbles API pada Android 11 di tahun 2020, Google kini berencana memberikan akses fitur ini ke semua aplikasi, tidak terbatas pada notifikasi percakapan saja.

Fitur Bubbles API memungkinkan aplikasi pesan menampilkan percakapan dalam jendela melayang yang berada di atas aplikasi lain. 

Dengan cara ini, pengguna dapat dengan cepat melihat dan membalas pesan tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang digunakan. 

BACA JUGA:iPhone 16 dan 16 Plus: Apple Perkenalkan Inovasi Baru, Ganti Baterai Jadi Lebih Mudah dengan VoltClip

BACA JUGA:OPPO Resmi Umumkan Tanggal Peluncuran Seri Find X8 di Cina

Setelah membalas, jendela ini bisa diminimalkan menjadi ikon kecil melayang yang bisa diketuk untuk membukanya kembali.

Berdasarkan laporan dari Android Authority, Google sedang bekerja untuk memperluas penggunaan Bubbles API sehingga dapat digunakan oleh semua aplikasi, bukan hanya aplikasi percakapan. 

Hingga saat ini, API ini hanya bekerja dengan notifikasi percakapan dan bahkan dapat dinonaktifkan oleh pengguna, sehingga banyak aplikasi, termasuk beberapa aplikasi pesan terbaik, belum mendukungnya.

Bukti fitur baru ini ditemukan dalam rilis pertama QPR (Quarterly Platform Release) Android 15. 

BACA JUGA:Tren Smartphone Android Kelas Menengah 2024, Teknologi Mumpuni dengan Harga Terjangkau

BACA JUGA:Fitur

Dengan begitu, nantinya pengguna bisa "membubble" aplikasi apapun, meningkatkan kemampuan multitasking secara signifikan.

Bagi pengguna tablet, pengalaman multitasking akan semakin nyaman berkat kombinasi Bubbles API dan fitur "bubble bar" yang dikabarkan juga sedang dikembangkan oleh Google. 

Tablet, dengan layar yang lebih besar, akan memaksimalkan penggunaan fitur-fitur ini untuk pengalaman pengguna yang lebih intuitif.

Kategori :