Gemini-powered Gmail Q&A Kini Hadir untuk Pengguna iPhone

Selasa 08-10-2024,11:53 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID — Fitur baru berbasis Gemini yang sebelumnya diluncurkan untuk pengguna Android pada bulan Agustus kini hadir untuk pengguna iPhone. 

Fitur ini, yang disebut Gmail Q&A, memungkinkan pengguna untuk mencari dan menanyakan berbagai informasi dari inbox mereka menggunakan kecerdasan buatan (AI) Gemini. 

Fitur ini tersedia bagi mereka yang memiliki langganan Google One AI Premium atau akun Workspace dengan tambahan Gemini.

Menurut penjelasan Google dalam sebuah posting blog, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari email tertentu dan mengajukan pertanyaan seputar isi inbox mereka. 

BACA JUGA:7 Alternatif Pengganti Google Play

BACA JUGA:WhatsApp Uji Fitur Baru, Kelola Sinkronisasi Kontak dengan Lebih Aman

Contoh pertanyaan yang diberikan oleh Google adalah "tampilkan email yang belum dibaca dari Jordan" atau pertanyaan seperti "apa yang saya bicarakan dengan Chris?" dan "ceritakan tentang email yang saya terima hari ini."

"Gmail Q&A dapat membantu menjawab pertanyaan spesifik tentang email Anda, menampilkan pesan yang belum dibaca, atau pesan dari pengirim tertentu, serta meringkas email terkait topik tertentu dalam inbox Anda. Fitur ini bahkan dapat menjawab pertanyaan umum dari hasil pencarian, tanpa harus keluar dari inbox," jelas Google.

Namun, untuk saat ini, fitur ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Bagi pengguna yang belum berlangganan Google AI Premium seharga $19.99 per bulan (setara Rp305.847 berdasarkan perkiraan nilai tukar 1 USD = 15.300 IDR), mereka harus memiliki akun Workspace dengan tambahan Gemini serta mengaktifkan fitur pintar dan personalisasi.

Cara Menggunakan Gmail Q&A

BACA JUGA:Xiaomi 15 Pro Segera Meluncur di China, Bocoran Renders dan Spesifikasi Begitu Menggoda!

BACA JUGA:Samsung Galaxy S25 Siap Meluncur! Snapdragon 8 Gen 5 Dikabarkan Mendapat Peningkatan Kecepatan Signifikan

Jika Anda memenuhi syarat untuk menggunakan Gmail Q&A, yang didukung oleh Gemini, Anda akan melihat ikon bintang Gemini di pojok kanan atas aplikasi Gmail, baik di perangkat Android maupun iOS. 

Jika Anda sedang melihat email tertentu, ikon ini juga muncul di bagian atas dekat tengah layar.

Dengan mengetuk ikon ini, Anda dapat memulai interaksi dengan Gemini dan mengajukan pertanyaan terkait email Anda. 

Kategori :