Update Terbaru ‘Brick’ Samsung Galaxy Model Lama, Pengguna Mengeluh di Media Sosial

Jumat 04-10-2024,08:56 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Sebuah pembaruan terbaru dilaporkan menyebabkan masalah besar bagi pengguna Samsung Galaxy model lama. 

Pemilik perangkat seperti Galaxy S10, Galaxy Note 10, dan Galaxy S10e melaporkan bahwa ponsel mereka mengalami masalah bootloop setelah menerima pembaruan terbaru. 

Bahkan, beberapa laporan juga menyebutkan bahwa Galaxy M51 turut terdampak.

Laporan mengenai masalah ini pertama kali mencuat di Reddit dan platform media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter). 

BACA JUGA:Google Uji Fitur Baru, Berbagi Lokasi Langsung Tanpa Google Maps

BACA JUGA:Gmail Hadirkan Pembaruan Besar, Rangkuman Kartu untuk Mempermudah Pengelolaan Email

Salah satu pengguna X, negativeonehero, seorang pengumpul berita teknologi yang enggan disebut sebagai tipster, menyebutkan bahwa masalah ini kemungkinan terkait dengan pembaruan pada layanan Samsung SmartThings yang digunakan untuk menghubungkan perangkat rumah pintar. 

Masalah ini terutama dialami oleh ponsel yang masih menggunakan Android 12 atau versi di bawahnya.

Untungnya, pengguna perangkat Samsung yang lebih baru, seperti Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra, dilaporkan tidak mengalami masalah ini. 

Ponsel yang menjalankan versi Android yang lebih baru tampaknya aman dari masalah bootloop ini.

BACA JUGA:Samsung Siapkan Peluncuran Galaxy S25, S25 Ultra Usung Snapdragon 8 Gen 4, S25 Base Gunakan MediaTek Dimensity

BACA JUGA:Lenovo Yoga Pro 9i Gen 9, Laptop Kreatif yang Tantang Dominasi Apple

Di Reddit, utas yang dibuat oleh pengguna dengan nama rthompsonv di subreddit r/samsunggalaxy telah menarik perhatian lebih dari 300 respons dalam waktu kurang dari 24 jam. 

Sebagian besar respons tersebut mengonfirmasi adanya keluhan yang sama, yaitu pembaruan yang dipaksakan dan menyebabkan ponsel menjadi tidak berfungsi.

"Saya bekerja di toko ponsel, dan saya sudah menerima lebih dari lima pelanggan dengan Galaxy S10 yang mengalami bootloop pagi ini – dan toko kami bahkan baru buka selama satu jam," tulis pengguna Reddit MightyJoeTYoung.

Kategori :