Google Maps Perketat Aturan Terhadap Ulasan Palsu, Bisnis Nakal Diberi Peringatan

Jumat 27-09-2024,07:57 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Google Maps kini semakin ketat dalam menangani halaman bisnis yang terlibat dalam ulasan palsu, memberikan peringatan khusus kepada para pengguna terkait aktivitas tersebut. 

Raksasa pencarian ini akan memberikan sanksi terhadap profil bisnis yang melanggar kebijakan "Fake Engagement", seperti menghapus sementara ulasan, memblokir ulasan atau peringkat baru, serta menampilkan pesan peringatan pada profil yang telah dihapus ulasan palsunya.

Kebijakan pembatasan profil bisnis ini pertama kali diterapkan di Inggris awal tahun ini. 

Namun, menurut laporan dari Search Engine Roundtable, halaman dukungan Google diperbarui pada pertengahan September untuk mulai berlaku secara global. 

BACA JUGA:Snapdragon 8 Gen 4, Uji Coba GPU Tunjukkan Performa Luar Biasa untuk Gaming

BACA JUGA:TikTok Music Tutup di November, Gagal Bersaing dengan Spotify dan Apple Music?

Untuk saat ini, hanya pengguna di Inggris yang dapat melihat peringatan tersebut, seperti contoh yang diposting oleh Mike Blumenthal di platform X.

Pesan peringatan tersebut akan muncul pada halaman bisnis yang terbukti menggunakan ulasan palsu. 

Berdasarkan kebijakan konten yang dilarang dan dibatasi oleh Google, kontribusi ke Google Maps seharusnya "mencerminkan pengalaman asli di suatu tempat atau bisnis." 

Halaman bisnis dilarang menampilkan konten yang tidak "secara akurat merepresentasikan lokasi atau produk yang dimaksud," atau yang didorong dengan imbalan seperti pembayaran, diskon, atau hadiah gratis.

BACA JUGA:Misteri Foto Latar Belakang Windows 10 Terungkap, Ternyata Bukan CGI, Berikut Faktanya!

BACA JUGA:Intel Arc Battlemage ‘G21’ GPU Unjuk Gigi di Geekbench, Setara dengan Arc A770

Google Maps juga akan memantau ulasan yang mencoba memanipulasi peringkat dengan memposting dari beberapa akun, atau menggunakan emulator, sistem operasi yang dimodifikasi, atau metode lain yang meniru interaksi asli. 

Meskipun masih belum jelas bagaimana Google akan secara akurat menentukan ulasan mana yang melanggar aturan ini, ancaman malu secara publik mungkin cukup untuk mencegah beberapa bisnis mencoba meningkatkan peringkat mereka secara artifisial.

Pesan peringatan ini juga dapat membantu pengguna menghindari tempat yang dianggap tidak dapat dipercaya oleh Google, daripada hanya melihat ulasan mencurigakan yang tiba-tiba hilang tanpa penjelasan. 

Kategori :