Bocah Dua Tahun Didiagnosis Kanker Langka Setelah Ibunya Melihat Cahaya Aneh di Matanya

Rabu 18-09-2024,09:17 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Dunia Sophie McKenna terbalik saat putrinya yang berusia dua tahun, Lola McKenna, didiagnosis menderita kanker langka setelah ia melihat pantulan cahaya aneh di mata anaknya. Kekhawatiran ini muncul ketika Sophie menyadari Lola sering jatuh lebih sering dari biasanya.

Pada awalnya, Sophie dan suaminya, Stephen McKenna, melakukan pencarian di Google untuk mengetahui apa yang menyebabkan Lola sering terjatuh. Mereka menemukan informasi yang mengaitkan gejala tersebut dengan kemungkinan tumor. Setelah itu, pasangan ini segera membawa Lola ke dokter umum.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, Lola yang kini berusia tiga tahun, didiagnosis menderita retinoblastoma, sebuah bentuk kanker langka yang menyerang retina dan biasanya terjadi pada anak-anak di bawah usia tiga tahun. Sophie, yang juga memiliki seorang anak laki-laki berusia enam tahun bernama Jacob, mengungkapkan betapa hancurnya perasaan mereka saat menerima kabar tersebut.

"Rasanya seperti mimpi buruk yang menjadi kenyataan. Dunia kami benar-benar hancur," ujar Sophie. "Kami tak pernah membayangkan hal ini terjadi pada keluarga kami, apalagi pada anak perempuan kami yang masih balita."

BACA JUGA:Penemuan Baru Deteksi Pesawat Siluman Pakai Sinyal Satelit Starlink

BACA JUGA:Waspada! Ini 8 Ciri Rumah yang Sebaiknya Tidak Dibeli

Gejala awal retinoblastoma Lola tampak sederhana—hanya berupa pantulan cahaya di mata kanannya dan sering terjatuh. Meski demikian, Lola tidak pernah mengeluhkan rasa sakit pada matanya, sehingga orang tuanya tidak menyangka kondisi ini begitu serius.

Setelah diperiksa oleh dokter mata dan menjalani sejumlah pemeriksaan di beberapa rumah sakit, termasuk Rumah Sakit Anak Alder Hey dan tim spesialis di Birmingham, ditemukan tumor di matanya yang disebut retinoblastoma. "Semua ini datang secara tiba-tiba, benar-benar di luar dugaan," lanjut Sophie.

Retinoblastoma adalah penyakit langka yang hanya menyerang sekitar 1 dari 15.000 hingga 16.000 anak. Tanda-tanda penyakit ini meliputi pantulan cahaya putih pada satu atau kedua mata, perubahan warna mata, mata sering juling atau bengkak, dan kehilangan penglihatan.

Untuk membantu keluarga dan meningkatkan kesadaran tentang retinoblastoma, sebuah kampanye GoFundMe telah dibuat. Dana yang terkumpul akan disumbangkan ke The Childhood Eye Cancer Trust, sebuah badan amal yang fokus pada kanker mata pada anak-anak.

BACA JUGA:Kemenkeu Klarifikasi Soal Pajak Pertambahan Nilai untuk Membangun Rumah Sendiri

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasannya Kenapa Rumah Zaman Kolonial Terasa Lebih Dingin Walau Tanpa AC

"Jika saja kami mengetahui tentang gejala-gejala ini lebih awal, mungkin kanker Lola bisa didiagnosis lebih cepat," tambah Sophie. Dia kini bertekad untuk meningkatkan kesadaran tentang retinoblastoma agar orang tua lainnya dapat lebih waspada terhadap tanda-tanda penyakit ini. **

Kategori :