Hati-Hati Menemukan Uang di Jalan, Ada Bahaya Terselubung di Baliknya

Jumat 13-09-2024,10:54 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Masyarakat sering kali beranggapan bahwa menemukan uang di jalan adalah sebuah rezeki tak terduga.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa ada mitos yang menyarankan agar kita lebih berhati-hati sebelum memungut uang tersebut.

Sejumlah kepercayaan lokal meyakini bahwa uang yang ditemukan di jalan bisa membawa dampak buruk bagi si penemu jika tidak disikapi dengan benar.

Menurut mitos yang berkembang, uang yang terjatuh di jalan tentunya masih memiliki pemilik, yang kemungkinan besar tidak sengaja menjatuhkannya.

BACA JUGA:Mengenal Tradisi Mistis Banyuwangi: Kebo-Keboan, Petik Laut, dan Ider Bumi

BACA JUGA:Peneliti Temukan Lokasi yang Diduga Sebagai Atlantis di Dekat Kepulauan Canary

Ketika menyadari uangnya hilang, ada dua sikap yang mungkin dilakukan oleh si pemilik.

Pertama, mereka mengikhlaskan uang tersebut dengan ucapan seperti, "Anggap saja beramal," yang dianggap bisa membawa berkah bagi siapa pun yang menemukannya.

Namun, sikap yang lebih berbahaya adalah ketika pemilik uang menganggap kehilangan tersebut sebagai cara untuk membuang kesialan.

Ucapan seperti "itung-itung buang sial" dipercaya dapat membawa nasib buruk bagi orang yang menemukan dan mengambil uang tersebut.

BACA JUGA:Jejak Peradaban Kuno di Situs Percandian Batujaya, Karawang

BACA JUGA:Situs Liyangan di Medang: Misteri Kejayaan dan Hubungan dengan Kerajaan Sriwijaya

Bagi yang percaya pada mitos ini, hal tersebut bisa berarti bahwa kesialan si pemilik uang akan berpindah kepada si penemu.

Jika Anda merasa nominal uang yang ditemukan cukup besar dan ingin tetap mengambilnya, ada cara untuk "menetralkan" kesialan yang mungkin mengikuti.

Salah satu cara yang disarankan adalah dengan menukar uang yang ditemukan dengan uang milik Anda yang memiliki nominal lebih kecil.

Sebelum menukar, Anda disarankan mengucapkan kalimat, "Saya menukar uang ini sebagai pengganti buang sialnya si pemilik uang."

BACA JUGA:5 Mitos Rasa Takut yang Perlu Kamu Ketahui

BACA JUGA:Apakah Raksasa Pernah Hidup di Bumi? Sejarah dan Mitos yang Menggugah

Kepercayaan ini memang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, namun bagi sebagian masyarakat yang mempercayai mitos, langkah-langkah tersebut dianggap sebagai tindakan pencegahan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai masyarakat yang bijak, penting untuk menghormati kepercayaan ini, sekaligus tidak gegabah dalam mengambil uang yang ditemukan di jalan. **

Kategori :