Gareth Southgate Tidak Terburu-buru Tentukan Karier Baru Usai Tinggalkan Timnas Inggris

Kamis 12-09-2024,08:38 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Mantan pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, mengungkapkan bahwa dirinya tidak terburu-buru dalam menentukan langkah selanjutnya setelah mengakhiri delapan tahun masa jabatannya bersama The Three Lions.

Pelatih berusia 54 tahun itu memutuskan mundur pada Juli lalu setelah kegagalan kedua Inggris di final Kejuaraan Eropa.

Meski demikian, Southgate tetap membuka pikiran terhadap berbagai peluang, baik di dalam maupun di luar sepak bola. "Saya memiliki banyak peluang, dan saya sangat terbuka dengan apa yang akan terjadi selanjutnya, bisa saja masih di sepak bola atau di luar itu," ujarnya, Rabu.

Southgate juga menyatakan bahwa saat ini ia ingin beristirahat dan mengisi kembali energinya sebelum mengambil keputusan. "Saya hanya ingin mengambil waktu untuk menyegarkan diri dan kemudian melanjutkan dari sana. Saya tidak ingin terburu-buru, saya ingin memastikan keputusan yang saya ambil tepat."

 BACA JUGA:Florian Wirtz Masuk Nominasi Ballon d'Or 2024

BACA JUGA:Diego Gomez Jadi Pahlawan Paraguay, Cetak Gol Kemenangan Lawan Brasil

Saat ini, Timnas Inggris masih mencari pengganti permanen Southgate. Sementara itu, Lee Carsley, pelatih interim, telah mengesankan dengan dua kemenangan 2-0 melawan Irlandia dan Finlandia. Southgate sendiri dikaitkan dengan beberapa peran baru, termasuk sebagai pengganti Erik ten Hag yang tengah berada di bawah tekanan di Manchester United, serta posisi sebagai pengamat teknis di UEFA, badan pengatur sepak bola Eropa.

Selama delapan tahun memimpin Timnas Inggris, Southgate berhasil membawa timnya mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan perempat final pada 2022, serta dua kali melaju ke final Kejuaraan Eropa. Ia merasa bahwa dirinya telah memberikan segalanya untuk mengangkat kembali nama besar sepak bola Inggris di kancah internasional.

"Saya tidak berpikir bisa menyesal. Kami membuat keputusan dengan informasi yang kami miliki saat itu untuk mencoba membentuk tim yang bisa menang. Saya memberikan segalanya dalam pekerjaan ini, dan kami berhasil meningkatkan ekspektasi, yang menurut saya sangat penting," tambah Southgate. "Kami perlu mengembalikan sepak bola Inggris ke peta dunia." **

Kategori :