Penemuan Seni Bercerita Tertua di Dunia di Gua Maros-Pangkep, Sulawesi

Kamis 05-09-2024,14:59 WIB
Reporter : Andika
Editor : Andika

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Penemuan terbaru di Pulau Sulawesi, Indonesia, menjadi sorotan dunia arkeologi dengan ditemukannya lukisan gua yang diperkirakan menjadi bukti seni bercerita tertua di dunia.

Lukisan ini menggambarkan interaksi antara manusia dan babi hutan, mengindikasikan bahwa manusia purba telah menggunakan seni untuk menyampaikan kisah sejak ribuan tahun lalu, jauh lebih awal dari yang pernah diperkirakan.

Lukisan yang ditemukan di gua-gua kapur Maros-Pangkep ini diperkirakan berusia sekitar 48.000 tahun, namun penelitian lebih lanjut mengungkapkan adanya lukisan serupa di gua lain yang berusia 51.000 tahun.

Penemuan ini mencatatkan sejarah baru sebagai seni bercerita tertua yang pernah ditemukan hingga saat ini.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Empat Lawang Resmi Menutup Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2024-2029

BACA JUGA:Demo Anti Netanyahu di Israel Makin Meluas

Para arkeolog sangat tertarik dengan salah satu lukisan yang menggambarkan sosok therianthrope, makhluk setengah manusia dan setengah hewan.

Lukisan ini menunjukkan bahwa manusia purba memiliki kemampuan imajinasi yang luar biasa, mampu membayangkan makhluk-makhluk supernatural yang tidak ada di dunia nyata.

Meski tidak semua ilmuwan sepakat dengan interpretasi ini, penemuan ini tetap dianggap sangat penting untuk memahami evolusi pemikiran manusia dan perkembangan seni pada masa lalu.

BACA JUGA:Ternyata Begini Penampakan Internet di Korea Utara saat Diakses di Negara Itu

BACA JUGA:Cara Alami Ini Mengusir Tikus, Dijamin Ampuh!

Tim peneliti berencana untuk melanjutkan penelitian lebih lanjut mengenai seni batu di wilayah ini guna menggali lebih dalam tentang budaya dan imajinasi manusia purba.

 

 

 

Kategori :