Google Rilis Patch Keamanan Android Terbaru, Berikut yang Harus Dilakukan Pengguna

Kamis 05-09-2024,09:50 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Google telah merilis buletin keamanan Android terbaru yang membawa perangkat ke level patch keamanan 2024-09-05. 

Bulan ini, peringatan mendesak disampaikan terkait dengan kerentanan keamanan CVE-2024-32896, yang mungkin sedang dieksploitasi secara terbatas dan ditargetkan.

Penjelasan tentang Kerentanan Zero-Day CVE-2024-32896

Meskipun banyak masalah keamanan yang ditangani dalam pembaruan September ini, ada satu yang paling membutuhkan perhatian. 

BACA JUGA:Jejak Peradaban Kuno di Situs Percandian Batujaya, Karawang

BACA JUGA:Candi Deres, Saksi Bisu Sejarah Majapahit di Desa Purwoasri

Kerentanan dengan nomor CVE-2024-32896 adalah yang paling parah, menurut Google. Kerentanan keamanan tingkat tinggi ini memengaruhi komponen kerangka kerja Android, yang merupakan elemen penting di mana aplikasi dibangun.

Eksploitasi kerentanan ini dapat "mengarah pada eskalasi hak istimewa lokal tanpa memerlukan hak eksekusi tambahan," yang benar-benar berbahaya. 

Lebih buruk lagi, kerentanan ini pertama kali dilaporkan dalam pembaruan keamanan Pixel pada bulan Juni dan bahkan dimasukkan dalam Katalog Kerentanan yang Dieksploitasi oleh Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur Amerika Serikat (CISA). 

Kini, semua pengguna Android diimbau untuk segera memperbarui perangkat mereka karena kerentanan ini terus dieksploitasi oleh penyerang, meskipun targetnya masih belum diketahui.

BACA JUGA:Keindahan Tersembunyi di Air Terjun Pria Laot, Sabang

BACA JUGA:Sejarah Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia: Dari Tillema hingga Krisis Keuangan Kelas Menengah

Langkah yang Harus Dilakukan Pengguna

Google telah mengonfirmasi bahwa penilaiannya terhadap CVE-2024-32896 didasarkan pada dampak yang mungkin terjadi jika eksploitasi kerentanan ini berhasil melewati mitigasi platform dan layanan. 

Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk melakukan hal berikut secara mendesak:

  1. Periksa apakah Anda telah menginstal pembaruan keamanan terbaru. Buka aplikasi pengaturan perangkat Anda dan navigasikan ke bagian bawah, di mana versi Android terbaru, pembaruan keamanan, dan nomor build dapat ditemukan.
  2. Pilih sistem dan pembaruan perangkat lunak dari aplikasi pengaturan untuk memulai pembaruan keamanan yang tersedia.
Kategori :