Arkeolog Iowa Temukan Tengkorak Mastodon Purba dalam Kondisi Sempurna

Selasa 20-08-2024,08:56 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Tim arkeolog di Iowa telah berhasil menemukan tengkorak mastodon purba dalam kondisi yang sangat baik. Penemuan ini diharapkan dapat memberikan petunjuk berharga mengenai interaksi manusia dengan hewan raksasa yang telah punah ini.

Penggalian tulang-tulang mastodon ini dilakukan dari tepi sungai yang terkikis di Wayne pada awal bulan ini. Proses penggalian memakan waktu hampir dua minggu untuk diselesaikan. Situs yang terus tergerus oleh erosi ini pertama kali dilaporkan ke perhatian Office of the State Archaeologist (OSA) di Iowa pada tahun 2022.

Menurut hasil penanggalan radiokarbon, tulang-tulang mastodon ini diperkirakan berusia sekitar 13.600 tahun, yang bertepatan dengan masa di mana manusia telah menempati wilayah tersebut. Pihak OSA akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap tulang-tulang ini untuk menentukan apakah terdapat bukti aktivitas manusia, seperti tanda-tanda potongan.

“Kami sangat berharap menemukan bukti interaksi manusia dengan hewan ini – mungkin berupa ujung proyektil atau pisau yang digunakan untuk membunuh hewan tersebut dan melakukan pemotongan awal,” ujar John Doershuk, Direktur sekaligus Arkeolog Negara Bagian di OSA. “Ada juga potensi bukti pada tulang itu sendiri – mungkin ada tanda potongan yang dapat diidentifikasi.”

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Seleksi CPNS 2024 yang Perlu Disimak!

BACA JUGA:Pemkab Belitung Buka Penerimaan CPNS 2024, Berikut Jumlah Formasi yang Tersedia

Mastodon adalah mamalia besar yang mirip dengan gajah yang pernah menjelajahi Amerika Utara sekitar 3,5 juta tahun lalu hingga sekitar 10.500 tahun yang lalu. Penemuan tengkorak ini menjadi sangat penting karena merupakan "tengkorak mastodon pertama yang pernah ditemukan dalam kondisi terawat baik di Iowa," menurut pernyataan Iowa Archaeology.

 

Tulang-tulang mastodon ini akan menjadi bagian dari pameran baru di Prairie Trails Museum setelah proses konservasi dan analisis selesai dilakukan di Universitas Iowa. Pameran ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang kehidupan purba dan hubungan manusia dengan makhluk-makhluk raksasa yang pernah mendominasi daratan Amerika Utara.**

Kategori :