Pintu Misterius di Piramida Agung Giza Berpotensi Ungkap Rahasia Baru

Sabtu 17-08-2024,10:35 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Piramida Agung Giza, salah satu keajaiban dunia, kembali menjadi pusat perhatian dunia setelah arkeolog ternama, Zahi Hawass, mengumumkan proyek investigasi terhadap pintu-pintu misterius di dalamnya. 

Pria yang juga mantan Menteri Negara Urusan Purbakala ini bertekad untuk mengungkap rahasia yang tersembunyi di balik pintu-pintu tersebut.

Hawass sebelumnya telah mengungkapkan rencana untuk meneliti area yang belum dijelajahi di Piramida Khufu. 

Salah satu bagian yang menarik perhatiannya adalah serangkaian pintu yang tampak menghalangi akses ke bagian dalam piramida. 

BACA JUGA:Piramida Pertama di Dunia Diduga Gunakan Lift Hidrolik Bertenaga Arus Sungai untuk Pembangunan

BACA JUGA:Menyusuri Masa Lalu Bareng Sam Mayfair di Piramida Merah

Letaknya yang sulit dijangkau membuat para ahli belum mengetahui pasti tujuan dari pintu-pintu tersebut.

Dalam wawancara dengan The US Sun, Hawass mengungkapkan keheranannya meski telah menemukan beberapa penemuan di dalam Piramida Agung. 

"Saya pikir, sampai sekarang, pintu-pintu rahasia yang saya temukan di dalam Piramida Agung benar-benar sebuah penemuan yang membutuhkan banyak pertanyaan dan jawaban," ujarnya.

Hawass menjelaskan, "Di dalam Piramida Agung, saya menemukan apa yang disebut tiga pintu. Satu di pintu masuk selatan kamar kedua yang memiliki dua pegangan tembaga.

BACA JUGA:Penelitian Baru Ungkap Peran Mekanika Hidrolik dalam Pembangunan Piramida Mesir Kuno

BACA JUGA:Temuan Baru: Situs Gunung Padang Lebih Tua 2700 Tahun dari Piramida Mesir

Dua puluh satu sentimeter di belakangnya, kami menemukan pintu kedua, dan di terowongan utara, kami menemukan pintu ketiga dengan dua pegangan tembaga."

Rencana besar pun disusun. "Pada tanggal 5 Desember, saya memimpin sebuah tim untuk melihat, menemukan, dan menjawab pertanyaan tentang pintu-pintu ini," tegas Hawass.

Meskipun dari luar tampak sederhana, interior Piramida Agung Giza justru sangat kompleks. 

Kategori :