Pangeran Diponegoro: Pahlawan Nasional yang Berani Melawan Penjajah Belanda

Jumat 16-08-2024,13:19 WIB
Reporter : Andika
Editor : Andika

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang memiliki peran penting dalam perjuangan melawan penjajah Belanda sebelum tahun 1908.

Sebagai sosok yang tegas dan berani, ia dikenal karena keberaniannya menentang kekuasaan Belanda secara terbuka, yang membuatnya mendapat simpati dan dukungan luas dari rakyat Indonesia.

Pangeran Diponegoro mulai muak dengan perilaku Belanda yang semena-mena, terutama ketika para penjajah itu dengan kurang ajar memasang patok tanah di makam leluhurnya.

Insiden ini menjadi pemicu kemarahannya, yang kemudian meletus menjadi Perang Diponegoro, salah satu pertempuran terbesar yang pernah dihadapi Belanda selama masa penjajahan di Indonesia.

BACA JUGA:Kisah Legendaris Si Pahit Lidah di Tanah Sumatera Selatan

BACA JUGA:Surga Tropis untuk Semua: Anda Barut Collection, Didim

Perang Diponegoro bukan hanya sekadar pertempuran fisik, tetapi juga simbol perlawanan terhadap penindasan.

Di bawah kepemimpinan Pangeran Diponegoro, rakyat Indonesia bersatu dalam semangat "sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati," yang berarti "sejari kepala, sejengkal tanah dibela sampai mati."

Ungkapan ini menunjukkan betapa kuatnya tekad bangsa Indonesia dalam mempertahankan hak-haknya, bahkan hingga titik darah penghabisan.

Dari sosok Pangeran Diponegoro, kita dapat belajar tentang keberanian dalam membela hak dan tanah air.

BACA JUGA:WOW! Ada Desa dengan Nama Unik di Inggris, Punya Sejarah Kelam Bikin Bulu Kuduk Berdiri

BACA JUGA:Universitas PGRI Silampari Resmi Buka Program Studi S2 Manajemen Pendidikan

Nilai-nilai kepahlawanan yang ditunjukkannya menjadi inspirasi yang tak lekang oleh waktu, terutama bagi generasi muda yang harus berani memperjuangkan hak-hak yang dimiliki dan melawan segala bentuk penindasan.

 

 

Kategori :