Penjabat Gubernur Sumsel Buka Rapat Koordinasi Forum Penataan Ruang Tahun 2024

Kamis 08-08-2024,07:45 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan, Elen Setiadi, menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Penataan Ruang Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024. 

Acara ini berlangsung di Santika Premiere Palembang dengan tema "Percepatan Revisi RTRW Provinsi dan RTRW Kabupaten/Kota serta Penyelarasan/Integrasi Dokumen RTRW ke dalam Dokumen RPJPD dan RPJMD".

Dalam sambutannya, Elen Setiadi menekankan pentingnya rakor ini dalam menyelesaikan revisi Tata Ruang yang diperlukan. 

Revisi tersebut bukan hanya untuk menyesuaikan dengan dinamika pembangunan yang berkembang pesat, tetapi juga untuk menjadi dasar persiapan RPJMD bagi pemerintahan berikutnya.

BACA JUGA:Penjabat Sekda Sumsel Buka Penataan Wilayah Pertahanan DIKREG LII Sesko TNI

BACA JUGA:PWI Sumsel Gelar Sekolah Jurnalisme Indonesia, Pemerintah Sumsel Apresiasi

"Sumatera Selatan memiliki potensi yang sangat besar, namun masih terhambat oleh berbagai regulasi, termasuk tata ruang. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk hadir dan menyelesaikan revisi tata ruang ini secepat mungkin. Dengan demikian, kami dapat mengundang investor dengan jaminan kepastian investasi dan memastikan bahwa tata ruang yang kita bangun adalah tata ruang yang berkelanjutan," terang Elen Setiadi.

Ia juga menambahkan bahwa salah satu elemen penting adalah pembenahan regulasi penataan ruang serta implementasinya.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, Ir. M. Affandi, ST., M.Sc., IPU, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk sinkronisasi dan integrasi rencana tata ruang wilayah dengan rencana pembangunan daerah melalui percepatan revisi RTRW Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Kami mengundang 126 peserta yang terkait langsung dengan penyelenggaraan penataan ruang, yang terdiri dari Instansi Vertikal, OPD, dan Pemerintah Kabupaten/Kota," ungkapnya.

BACA JUGA:336 Masyarakat Terima Bantuan Hukum Gratis dari Kemenkumham Sumsel

BACA JUGA:Turnamen Bola Voli Desa Pajar Bakti Meriahkan HUT RI ke-79

Acara ini juga diisi oleh narasumber dari Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah 1, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri. Hadir pula Pj Bupati Empat Lawang, Fauzan Khoiri, dan para Kepala OPD lainnya. **

Kategori :