PWI Sumsel Gelar Sekolah Jurnalisme Indonesia, Pemerintah Sumsel Apresiasi

Rabu 07-08-2024,07:45 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID -Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, Rika Efianti, SE., MM., menghadiri pembukaan Sekolah Jurnalisme Indonesia yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel. 

Acara ini mengangkat tema "Berintegritas, Berfikir Kritis, Multitasking, Berwawasan Kebangsaan" dan berlangsung di Stisipol Candradimuka, Palembang.

Rika Efianti, mengutarakan apresiasi dan dukungannya terhadap program ini. 

"Pemerintah Provinsi Sumsel menyambut baik terselenggaranya program Sekolah Jurnalisme Indonesia tingkat wartawan muda di Sumsel. Dengan pelaksanaan ini, diharapkan dapat membentuk wartawan yang tak hanya mahir menulis namun juga dapat berpikir kritis terhadap apa yang terjadi di masyarakat," ungkapnya.

BACA JUGA:Penjabat Gubernur Sumsel Bangkitkan Semangat Mahasiswa Baru UNSRI

BACA JUGA:Seperti 17 Agustus! Hari Kemerdekaan Norwegia Syttende Mai Ternyata Juga Dirayakan Meriah

Lebih lanjut, Rika Efianti menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi wartawan menjadi profesional, beretika, dan berwawasan global. 

"Kita berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi wartawan menjadi wartawan yang profesional, beretika, dan berwawasan global," tambahnya.

Pentingnya peran wartawan dalam menyajikan produk jurnalistik yang edukatif dan menghindari pemberitaan hoaks juga ditekankan. 

"Para wartawan ke depan diharapkan dapat menyajikan produk jurnalistik yang memberikan edukasi dan pembelajaran kepada masyarakat agar terhindar dari pemberitaan hoaks yang berpotensi menimbulkan ujaran kebencian," jelasnya.

BACA JUGA:Hari Ninoy Aquino, Perayaan Hari Pahlawan Nasional Demokrasi Filipina yang Bikin Kita Salut Abis

BACA JUGA:Ternyata Ada Perayaan Hari Kegagalan di Finlandia, Yuk Kepoin Disini!

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat, Hendri CH Bangun, menyampaikan peran penting PWI dalam demokrasi Indonesia. 

"PWI bukan sekadar penyampai informasi saja, namun juga sebagai tombak demokrasi bangsa. PWI lahir jauh sebelum organisasi lain ada, sehingga peran PWI sangat penting dalam sistem demokrasi kita," ujar Hendri.

Hendri juga mengajak semua pihak untuk menjadikan Sumsel sebagai pusat pendidikan jurnalistik. 

Kategori :